6 Tanda di Tubuh Ini Bisa Jadi Gejala Awal Diabetes, Segera Temui Dokter

Rabu, 12 Juli 2023 - 18:43 WIB
loading...
6 Tanda di Tubuh Ini Bisa Jadi Gejala Awal Diabetes, Segera Temui Dokter
Ada enam tanda di tubuh yang bisa menjadi gejala awal diabetes. Diabetes mengacu pada suatu kondisi yang menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi tinggi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada enam tanda di tubuh yang bisa menjadi gejala awal diabetes . Diabetes mengacu pada suatu kondisi yang menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi sangat tinggi.

Dilansir dari Express, Rabu (12/7/2023) yang mengkhawatirkan, diabetes seringkali tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Seperti semua kondisi kronis, terdapat skala keseriusan, sehingga setiap perubahan yang tidak biasa tidak boleh diabaikan.

Dalam beberapa kasus, diabetes dapat berkembang menjadi neuropati diabetik dan memicu enam gejala peringatan. "Neuropati diabetik adalah jenis kerusakan saraf yang terjadi pada pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2," kata Dr Deborah Lee dari Dr Fox Online Pharmacy.

Gejala Awal Diabetes



50 persen penderita diabetes akan mengalami gejala neuropati seiring perkembangan penyakit. Adapun enam gejala tersebut bisa muncul di tangan, lengan, kaki atau jari. Berikut gejalanya.



1. Kesemutan dan mati rasa
2. Ketidakmampuan untuk merasakan sakit
3. Hilangnya sensasi suhu
4. Kehilangan indera posisi (artinya Anda tidak bisa mengetahui posisi persendian Anda)
5. Nyeri pada kaki, tangan atau tungkai
6. Kelemahan pada tungkai atau sendi.

"Ini terasa pada aspek distal anggota tubuh mereka, biasanya pertama di tangan dan kaki mereka. Tetapi kemudian berkembang secara proksimal untuk mempengaruhi kaki, pergelangan kaki dan pergelangan tangan," jelas Dr Lee.

“Orang tersebut mungkin tidak merasakan sakit. Misalnya jika kaki mereka terbakar atau melepuh, dan karenanya tidak mendapatkan reaksi cepat untuk melepaskan kaki dari panas atau mengganti alas kaki," lanjutnya.

Selain itu, penderita diabetes berisiko tinggi terkena ulkus kaki dan tungkai. Pada waktunya, kondisi ini dapat menyebabkan osteomielitis, gangren, dan sepsis sehingga memerlukan amputasi anggota tubuh.



"Untuk mencegah hal ini terjadi, penderita diabetes harus melakukan pemeriksaan kaki secara teratur," saran Dr Lee.

Jika Anda mengalami gejala yang mengarah ke neuropati diabetik, dokter menyarankan untuk menemui dokter umum. Meskipun kondisi ini dapat terjadi pada penderita diabetes yang sudah terdiagnosis, ini juga bisa menjadi gejala pertama.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)