Camilan Penurun Kolesterol Tinggi yang Dapat Mencegah Penyakit Jantung, Cukup 6 Buah Sehari

Jum'at, 14 Juli 2023 - 13:01 WIB
loading...
Camilan Penurun Kolesterol Tinggi yang Dapat Mencegah Penyakit Jantung, Cukup 6 Buah Sehari
Camilan penurun kolesterol tinggi dapat membantu mencegah penyakit jantung. Penelitian membuktikan makanan ini menyehatkan tubuh berkat vitamin dan mineral. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Camilan penurun kolesterol tinggi dapat membantu mencegah penyakit jantung yang mematikan. Penelitian pun telah membuktikan makanan ini menyehatkan tubuh berkat vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Camilan penurun kolesterol tinggi yang dapat mencegah penyakit jantung ini merupakan buah plum yang menawarkan rasa manis dan tajam. Anda bisa menambahkannya ke puding atau mengonsumsinya secara langsung.

Dilansir dari Express, Jumat (14/7/2023) karena terbukti menurunkan kadar kolesterol dalam darah, para ahli pun menyarankankan buah ini dikonsumsi ke dalam diet harian Anda.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, menyarankan makan plum setiap hari dapat menurunkan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Studi acak dan terkontrol menemukan makan 50 gram atau sekitar lima hingga enam buah sehari menurunkan kolesterol total dalam enam bulan.



Temuan lainnya menunjukkan bahwa makan buah ini juga bisa meningkatkan kolesterol baik yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Menurut Heart UK, plum adalah pilihan tepat ketika mencoba menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam makanan untuk menghilangkan lemak.

Selain itu, camilan ini juga kaya serat pektinyang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Terlepas dari efek positif pada kolesterol, penelitian ini menemukan bahwa prem juga memiliki antioksidan yang lebih tinggi dan menurunkan kadar siti Kim inflamasi dan faktor nekrosis tumor.

Di mana semuanya terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi. Tim peneliti sampai pada temuan ini dengan melibatkan 48 wanita sehat pasca menopause yang dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok pertama tidak makan plum, sementara dua lainnya mengonsumsi 50 atau 100 gram plum setiap hari, selama enam bulan. Para peneliti mengumpulkan berbagai biomarker penyakit kardiovaskular untuk menentukan apakah ada perbaikan setelah mengikuti diet ini.



Menariknya, ada beberapa hasil positif serupa di antara mereka yang makan 50 gram plum dan mereka yang memiliki 100 gram. Temuan ini menunjukkan bahwa menambahkan lima hingga enam plum ke dalam makanan harian memiliki efek positif pada risiko masalah kardiovaskular.

“Penelitian ini tidak hanya menunjukkan bahwa plum cara yang baik untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kapasitas antioksidan, tetapi juga menunjukkan bahwa makan plum setiap hari dapat menurunkan kolesterol pada wanita pascamenopause,” kata Profesor Nutrisi di Sekolah Latihan dan Ilmu Nutrisi di Universitas Negeri San Diego Mark Kren.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)