5 Suplemen yang Baik untuk Menurunkan Asam Urat, Salah Satunya Vitamin C

Senin, 17 Juli 2023 - 06:30 WIB
loading...
5 Suplemen yang Baik untuk Menurunkan Asam Urat, Salah Satunya Vitamin C
Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan asam urat. Salah satunya dengan mengonsumsi berbagai jenis vitamin atau suplemen. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan asam urat. Salah satunya dengan mengonsumsi berbagai jenis vitamin atau suplemen.

Lantas, apa saja vitamin/suplemen yang baik untuk menurunkan asam urat? Berikut di antaranya, dilansir dari berbagai sumber pada Senin (17/7/2023).

1. Vitamin C

Suplemen pertama yang bisa menurunkan asam urat adalah Vitamin C. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 184 orang dan terbagi menjadi dua kelompok. Yakni kelompok yang mengonsumsi suplemen vitamin C (500 miligram per hari) dan kelompok yang mengonsumsi plasebo.



Setelah dua bulan, mereka yang mengonsumsi vitamin C kadar asam uratnya berkurang secara signifikan. Berbanding terbalik dengan orang yang mengonsumsi plasebo.

Meski begitu, vitamin C tidak bisa dikonsumsi oleh beberapa orang. Salah satunya orang yang memiliki riwayat penyakit ginjal sehingga perlu mengkonsultasikannya dulu dengan dokter.

2. Glucosamine dan Chondroitin

Gejala nyeri hingga radang sendi yang timbul akibat asam urat dipercaya bisa diredakan dengan mengonsumsi suplemen glucosamine dan chondroitin.

Glucosamine dan chondroitin adalah senyawa kimia yang secara alami diproduksi oleh tubuh. Peran senyawa ini adalah menjaga kesehatan dan elastisitas tulang rawan yang melindungi persendian.

3. Methylsulfonylmethane (MSM)

Menurut American Academy of Pain Management, senyawa sulfur organik bernama methylsulfonylmethane (MSM) bisa membantu meredakan gejala asam urat berupa peradangan hingga pembengkakan, terutama di jempol kaki.

Sifat antiinflamasi yang dimiliki senyawa MSM ini dipercaya mengandung antioksidan. Anjuran untuk mengonsumsi suplemen ini adalah sebanyak 3.000 miligram dengan membagi dosisnya menjadi dua.


4. Asam Lemak Esensial

Penderita asam urat juga disarankan untuk mengonsumsi asam lemak omega 3. Bahkan, menurut para ahli, omega 3 yang banyak terkandung di dalam minyak ikan dapat membantu meredakan gejala asam urat.

Tak hanya bisa menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) dari omega 3 juga mampu mengurangi peradangan.

Anjuran untuk mengonsumsi suplemen satu ini adalah sebanyak 1 sampai 2 kapsul atau satu sendok teh per hari. Misalnya, Blackmores Odourless Fish Oil yang mengandung Omega 3. Selain suplemen, kebutuhan omega 3 juga bisa dipenuhi dari ikan salmon dan tuna.

5. Turmeric alias Kunyit

Turmeric alias kunyit memang sudah lama dikenal sebagai obat herbal tradisional andalan untuk mengatasi berbagai masalah penyakit, salah satunya asam urat. Pasalnya, kunyit memiliki kandungan curcumin yang bersifat antiinflamasi dan diyakini dapat mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

Bahkan, dalam penelitian Mubin M. K. pada 2019 menunjukkan bahwa pemberian nanopartikel turmeric dapat menurunkan kadar asam urat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)