3 Manfaat Kayu Manis untuk Penderita Diabetes, Bantu Pengelolaan Gula Darah

Kamis, 20 Juli 2023 - 16:50 WIB
loading...
3 Manfaat Kayu Manis untuk Penderita Diabetes, Bantu Pengelolaan Gula Darah
Terdapat sejumlah manfaat kayu manis untuk penderita diabetes yang perlu diketahui. Salah satunya adalah membantu pengelolaan gula darah. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah manfaat kayu manis untuk penderita diabetes yang perlu diketahui. Salah satunya adalah membantu pengelolaan gula darah.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Biasanya, masalah kesehatan ini muncul ketika kadar gula darah mengalami lonjakan tinggi.

Tak boleh dibiarkan, kondisi tersebut bisa memunculkan risiko komplikasi jangka panjang seperti penyakit jantung, ginjal, hingga kerusakan saraf. Pada tahap pencegahan atau pengobatan, terdapat sejumlah bahan alami yang bisa digunakan, termasuk kayu manis.



Melihat riwayatnya, kayu manis memang telah lama digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Lantas, apa saja manfaat kayu manis untuk penderita diabetes?

Manfaat Kayu Manis untuk Pengidap Diabetes

1. Bantu Pengelolaan Gula Darah

Setelah makan, kadar gula darah di dalam tubuh bisa mengalami peningkatan. Tak menentu, intensitasnya sendiri bergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi dan berapa banyak karbohidrat di dalamnya.

Mengutip laman Healthline, perubahan kadar gula darah ini bisa meningkatkan stres oksidatif dan peradangan. Kondisi tersebut dikatakan dapat merusak sel-sel tubuh dan berpotensi mengakibatkan munculnya penyakit kronis.

Pada keadaan ini, kayu manis dipercaya bisa membantu menjaga lonjakan gula darah berlebih setelah makan. Hal ini diketahui dari sejumlah penelitian yang pernah dilakukan.

Beberapa penelitian menyebutkan, kayu manis akan bermanfaat untuk memperlambat laju pengosongan makanan dari perut. Selain itu, kandungannya juga diyakini bisa membantu penurunan gula darah dengan memblokir enzim pencernaan yang memecah karbohidrat di usus kecil.


2. Tinggi Antioksidan untuk Tangkal Stres Oksidatif

Antioksidan bisa membantu tubuh mengurangi masalah seperti stres oksidatif, sejenis kerusakan sel akibat radikal bebas berbahaya. Kondisi ini telah banyak dikaitkan dengan kemunculan sejumlah penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2.

Kandungan antioksidan sendiri bisa ditemukan pada sejumlah bahan alami. Dari sekian banyak, salah satunya adalah kayu manis. Sebuah penelitian menunjukkan, konsumsi 1.500 miligram kayu manis setiap hari bisa membantu peningkatan kadar antioksidan yang signifikan.

3. Tingkatkan Sensitivitas Insulin

Pada tubuh penderita diabetes bisa terjadi kondisi seperti pankreas tidak mampu menghasilkan cukup insulin hingga sel tidak merespons insulin dengan baik. Akibatnya, terjadilah kadar gula darah yang tinggi.

Kayu manis memiliki manfaat menurunkan gula darah dan melawan diabetes. Caranya adalah dengan meniru efek insulin dan meningkatkan aliran glukosa ke sel.

Tak hanya itu, kayu manis juga membantu penurunan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini membuat tugas insulin pada tubuh menjadi lebih efektif ketika mendistribusikan gula ke dalam sel.

Itulah sejumlah manfaat kayu manis terhadap penderita diabetes yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)
pixels