7 Tanda Serangan Jantung akan Muncul, Bisa Dideteksi Sebulan sebelumnya

Jum'at, 21 Juli 2023 - 12:54 WIB
loading...
7 Tanda Serangan Jantung akan Muncul, Bisa Dideteksi Sebulan sebelumnya
Tanda serangan jantung sangat beragam. Serangan jantung selalu menjadi salah satu momok menakutkan, terutama bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Tanda serangan jantung sangat beragam. Serangan jantung selalu menjadi salah satu momok menakutkan, terutama bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Karena itu tanda-tanda kemunculannya ini harus diketahui.

Banyak orang menyangka bahwa serangan jantung datang secara tiba-tiba tanpa ada tanda peringatan sebelumnya. Pemahaman yang keliru itu tentu perlu diluruskan, sebab terdapat sejumlah pertanda terkait munculnya penyakit tersebut.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Circulation, A Journal of the American Heart Association, menyebutkan bahwa tanda serangan jantung sebenarnya bisa dideteksi lebih awal. Bahkan sebulan sebelum terjadi.

7 Tanda Serangan Jantung akan Muncul



Berikut tanda serangan jantung yang perlu diketahui supaya penyakit ini dapat diatasi sejak dini dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/7/2023).



1. Insomnia


Insomnia atau gangguan tidur sehingga tidak dapat menjaga kualitas tidur ini kerap terjadi pada orang yang hendak mengalami serangan jantung. Hal ini disebabkan oleh buruknya pompa jantung, sehingga muncul penumpukan cairan dengan keluhan sesak berbaring.

2. Sering Sesak Napas


Bagi orang yang tidak memiliki asma tetapi tiba-tiba mulai sering sesak napas, hal itu bisa jadi merupakan salah satu tanda serangan jantung akan muncul. Dalam sebuah penelitian, sesak napas dirasakan oleh 42 persen responden, sehingga menjadi gejala yang perlu diperhatikan.

Sesak napas ini biasanya terjadi karena jantung mulai sulit untuk melakukan pemompaan darah ke seluruh tubuh. Sehingga darah yang bertumpuk dan mengisi rongga paru akan memicu sesak napas.

3. Mudah Lelah


Sebanyak 70 persen orang dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa mereka mengalami kelelahan berlebih ketika mengerjakan aktivitas sederhana. Salah satu penyebab rasa lelah ini kemungkinan besar disebabkan oleh gagalnya pemompaan jantung yang optimal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)