3 Efek Kadar Gula Darah yang Sangat Tinggi, Bahayakan Jantung hingga Ginjal

Senin, 24 Juli 2023 - 16:28 WIB
loading...
3 Efek Kadar Gula Darah yang Sangat Tinggi, Bahayakan Jantung hingga Ginjal
Semakin hari jumlah penderita gula darah di Indonesia semakin meningkat. Oleh karenanya, penting untuk menyadari bahaya dari gula darah tinggi yang bisa memicu munculnya penyakit diabetes. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Semakin hari jumlah penderita gula darah di Indonesia semakin meningkat. Oleh karenanya, penting untuk menyadari bahaya dari gula darah tinggi yang bisa memicu munculnya penyakit diabetes.

Gula darah yang melonjak tinggi diharuskan untuk mendapat perhatian yang lebih serius. Sebab, bahaya dari gula darah tinggi tidak bisa disepelekan lataran dapat berujung pada penyakit kardiovaskular.

Kondisi gula darah tinggi bisa dikenal melalui beberapa tanda atau efek yang biasa ditimbulkan para penderitanya. Jika mengenali tanda-tanda berikut, segeralah memperbaiki gaya hidup agar tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih serius.



Dilansir dari laman resmi Bogorkab, berikut beberapa efek atau gejala yang bisa muncul jika kadar gula dalam darah cenderung tinggi atau hiperglikemia.

1. Efek Awal Hiperglikemia

- Rasa haus dan lapar yang cenderung berlebihan.

- Sakit kepala.

- Penglihatan kabur.

- Sering buang air kecil.

2. Efek Hiperglikemia Lanjutan atau Memiliki Jangka Panjang

- Mudah merasa lelah.

- Penurunan berat badan secara signifikan.

- Infeksi pada area vagina (khusus wanita).

- Infeksi kulit.

- Luka yang sulit sembuh.


3. Efek Bahaya Kadar Gula Darah yang Melonjak Tinggi

- Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang dapat menyerang jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi serius, seperti serangan jantung, stroke, dan gagal jantung yang bisa mengakibatkan kematian.

- Neuropati

Neuropati merupakan kerusakan saraf yang bisa memengaruhi sistem saraf pusat dan saraf tepi. Penyakit ini dapat terjadi karena adanya kadar gula tinggi yang dapat merusak saraf di seluruh tubuh.

Salah satu jenis neuropati karena kadar gula tinggi adalah neuropati diabetik yang biasanya dapat merusak saraf tangan dan kaki. Selain itu, neuropati jenis ini juga bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, saluran kemih, pembuluh darah, dan masalah pada jantung.

- Gangguan Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang terdiri dari jutaan filter kecil yang disebut dengan nefron. Gula darah yang tinggi dapat merusak nefron dan mengakibatkan ginjal tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Salah satu penyakit ginjal yaitu gangguan ginjal kronis yang hanya bisa diketahui setelah diperiksa oleh dokter.

Demikian ulasan tentang efek yang bisa ditimbulkan jika kadar gula dalam darah cenderung tinggi. Untuk menghindari beberapa gejala yang bisa muncul dari masalah gula darah ini, Anda perlu menjaga pola hidup sehat sejak sekarang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)