5 Makanan yang Cocok untuk Pengidap Gula Darah Rendah

Rabu, 26 Juli 2023 - 11:21 WIB
loading...
5 Makanan yang Cocok untuk Pengidap Gula Darah Rendah
Bagi para penderita gula darah rendah, pemilihan makanan merupakan hal yang penting diperhatikan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Bagi para penderita gula darah rendah, pemilihan makanan merupakan hal yang penting diperhatikan. Sebaiknya, hindari makanan yang banyak mengandung gula agar terjauh dari diabetes.

Makanan yang mengandung tinggi protein, lemak, dan serat merupakan jenis asupan yang dapat menstabilkan gula darah. Namun, makanan yang mengandung karbohidrat dengan nilai glikemik rendah juga bisa membantu membuat gula darah kembali normal.

Pada dasarnya, penderita gula darah rendah disarankan untuk makan sedikit-sedikit dengan tambahan camilan di antara makanan utamanya. Namun, sebelum memilih makanan ketahui dulu beberapa makanan yang bisa meningkatkan gula darah rendah.


Berikut adalah makanan yang dapat meningkatkan gula dalam darah yang aman dikonsumsi.

1. Minuman Manis

Minuman manis biasanya mengandung gula yang dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Namun, bagi penderita diabetes, konsumsi minuman manis harus dibatasi agar gula darah tidak melonjak.

Pilihlah minuman manis yang mengandung pemanis alami seperti madu, gula aren, atau stevia. Agar lebih sehat, hindari minuman yang mengandung gula pasir, sirup, atau pemanis buatan lain.

2. Sayuran Bertepung

Sayuran bertepung dapat meningkatkan gula darah lebih cepat daripada sayuran non-tepung karena kandungan karbohidratnya yang lebih tinggi. Namun, tidak semua sayuran dapat memiliki indeks glikemik yang tinggi.

Beberapa sayuran bertepung yang bisa dibalut dengan tepung seperti kacang polong dan jagung. Makanan tersebut mengemas karbohidrat yang lebih banyak dibanding dengan sayuran lain seperti brokoli, kembang kol, kol, dan selada.

3. Jus Buah

Jus buah memang dapat meningkatkan gula darah karena mengandung sejumlah besar gula alami yang disebut dengan fruktosa. Gula alami tersebut akan dicerna dalam hati dan dilepas sebagai glukosa ke dalam darah.

Jus buah juga mengandung lebih sedikit serat dibandingkan buah utuh, sehingga indeks glikemiknya lebih tinggi. Mengonsumsi jus buah juga bisa mencegah risiko terkena diabetes tipe 2.


4. Madu dan Gula

Untuk memastikan kadar gula dalam darah meningkat, Anda bisa menambahkan satu sendok madu dan gula. Namun, madu memiliki kalori yang lebih banyak daripada gula, meskipun lebih manis, jadi sedikit yang diperlukan.

Selain itu, madu juga memiliki kandungan mineral, antioksidan, dan beberapa jenis vitamin lain yang baik untuk kesehatan. Sehingga tambahan gula dan madu dapat menyediakan energi yang instan.

5. Kismis

Kismis merupakan buah kering dari varietas buah anggur tertentu. Buah satu ini dipercaya dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat dan ampuh.

Anda bisa makan 1-2 genggam kismis jika merasa glukosa darah turun, sehingga membuatnya normal kembali. Kismis juga bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat asalkan tidak berlebihan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2686 seconds (0.1#10.140)