4 Cara Sederhana Menghilangkan Cacing pada Brokoli dan Kubis sebelum Dimasak

Kamis, 27 Juli 2023 - 15:40 WIB
loading...
4 Cara Sederhana Menghilangkan Cacing pada Brokoli dan Kubis sebelum Dimasak
Brokoli. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Sayuran diperlukan tubuh untuk pemenuhan zat gizi mikro, sumber berbagai vitamin, mineral, hingga serat yang penting dan memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Namun, untuk mendapatkan manfaat itu perlu dilakukan pengolahan yang baik dan benar. Penting untuk mengetahui bahwa sayur bebas dari bahan pestisida, hingga hewan seperti cacing, cacing pita yang bersarang di daun atau sayuran tersebut.

Adanya cacing memang sebuah pertanda bagus, bahwa sayuran tersebut memang organik. Namun sebagian orang tentu merasa tak nyaman dengan hal itu.

Ramai di media sosial Twitter, seorang netizen yang kebingungan hendak memasak brokoli, karena mendapati cacing yang masih bersarang di dalam brokoli tersebut.



“Sebelumnya aku gatau tau kalau brokoli ada cacingnya dan harus direndam air garam. Pertama kali masak, udah direndam garam 3 jam tapi cacingnya ga keluar. Padahal liat di timeline cacingnya pada keluar,” dikutip dari @FFOODFESS, Kamis (27/6/2023).

Kiriman tersebut, ditanggapi dengan beragam komentar pengguna Twitter lain. Sebagian besar dari mereka menuturkan, apabila telah direndam selama berjam-jam berarti memang brokolu tersebut bebas dari cacing.

“Rendam dengan air garam hangat selama 10–15 menit. Kalau ga ada ulet keluar, yaudah berarti aman. Tiriskan, cuci sekali lagi dengan air bersih mengalir. Rebus 1 menit. Tiriskan dan selesai. Ngapain nunggu ulet keluar sampai 3 jam kalau emg ga ada uletnya,” ujar @afrkml membalas kiriman tersebut.

4 Cara Mencuci Brokoli yang Benar

Selain mencucinya dengan air mengalir, jika kamu masih ragu dengan kehigienisan sayur tersebut dapat mencoba beberapa cara di bawah, yang bisa membantu mengeluarkan cacing dari dalam brokoli.

1. Rendam dengan Bawang Putih

Rendam empat siung bawang putih selama beberapa hari dalam satu liter air dingin lalu haluskan. Ini akan membunuh semut, kutu daun, ulat dan cacing yang ada pada kubis maupun brokoli Anda.

2. Gunakan Air Panas dan Cabai

Jika kamu ingin efek yang lebih kuat bisa mencoba menggunakan air panas dan menambahkan beberapa cabai yang sudah dihaluskan.

3. Rendam dengan Air Dingin dan Garam

Untuk mengeluarkan cacing pada brokoli, rendam pada air dingin dengan menambahkan 1/4 cangkir garam dan 2 sendok makan cuka. Rendam selama 20 menit.

4. Rendam dengan Bahan Herbal

Kamu bisa mencoba merendam brokoli dengan bahan-bahan alami yang memiliki bau tajam, seperti cabai, apsintus dan bawang putih.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)