7 Fakta Terbaru Khasiat Minyak Zaitun yang Lebih Ampuh dari Obat Apapun

Jum'at, 28 Juli 2023 - 14:58 WIB
loading...
7 Fakta Terbaru Khasiat...
Orang yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun dalam sehari memiliki risiko kematian akibat demensia 28% lebih rendah daripada orang yang jarang mengonsumsinya. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkap fakta terbaru tentang mengonsumsi obat-obatan yang selama ini dipercaya bisa membantu mengurangi berbagai risiko penyakit dengan kematian dini. Mulai jantung, kanker, diabetes, hingga penyakit saraf seperti demensia dan parkinson.

Dalam penelitian terbaru itu disebutkan, faktanya, tidak ada obat-obatan yang bisa melakukan semua itu. Namun, dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa sejatinya ada pilihan lain selain obat-obatan yang justru lebih ampuh dalam meminimalisir risiko berbagai penyakit tersebut, yaitu minyak zaitun ekstra virgin.

“Benar-benar tidak ada makanan lain yang menawarkan berbagai manfaat ini. Tidak ada obat,” ujar seorang profesor di Universitas Brown yang telah meneliti minyak zaitun selama lebih dari 20 tahun, Mary Flynn, dilansir dari laman Nourish, Jumat (28/7/2023).

Baca Juga: Menambahkan Minyak Zaitun dalam Makanan Dapat Mencegah Stroke

Baru-baru ini, penelitian baru dari Universitas Harvard menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun dalam sehari memiliki risiko kematian akibat demensia 28% lebih rendah daripada orang yang jarang mengonsumsinya.

Setelah penelitian selama beberapa dekade, kepopuleran tentang segudang manfaat minyak zaitun untuk berbagai penyakit mulai menanjak. Bahkan, di media sosial TikTok, video edukasi tentang meminum minyak zaitun setiap hari telah ditonton lebih dari 1 miliar kali.

Tak hanya itu, saat ini beberapa perusahaan juga mulai banyak yang menawarkan minyak zaitun untuk kebutuhan medis karena mengandung senyawa bermanfaat tingkat tinggi. Awal tahun ini, Starbucks pun mulai memperkenalkan sederet minuman kopi yang dibuat dengan minyak zaitun extra virgin.

Khasiat minyak zaitun juga banyak dimanfaatkan oleh para aktor papan atas di seluruh dunia. Misalnya Brie Larson dan Chloe Grace Moretz yang kerap menggunakannya untuk membersihkan wajah mereka. Ada lagi Jennifer Lopez yang begitu memuji khasiat minyak zaitun sebagai rahasia awet mudanya, dibanding harus melakukan botox.

Lantas, apa saja hasil dari penelitian tersebut terkait segudang manfaat minyak zaitun untuk kesehatan? Berikut di antaranya.

1. Mengurangi Risiko Peradangan

Sebelumnya, pada 2022, terdapat analisis studi yang melibatkan ratusan orang untuk menemukan fakta terkait khasiat minyak zaitun. Saat itu ditemukan bahwa setiap tambahan 5 gram minyak zaitun di makanan yang Anda konsumsi setiap hari, terbukti dapat menurunkan risiko kematian secara keseluruhan sebesar 4%.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Lab Indonesia 2026 Perkuat...
Lab Indonesia 2026 Perkuat Ekosistem Riset dan Industri Berbasis Teknologi
Penelitian: Ubah Pola...
Penelitian: Ubah Pola Makan ke Diet Mediterania Bisa Tambah Umur Bertahun-Tahun
5 Mitos Cegah Kanker...
5 Mitos Cegah Kanker yang Masih Dipercaya, Ini Faktanya
7 Fakta Maxime Bouttier,...
7 Fakta Maxime Bouttier, Aktor Blasteran Prancis-Indonesia yang Jadi Suami Luna Maya
5 Fakta Hubungan Kim...
5 Fakta Hubungan Kim Woo Seok dan Kang Na Eon yang Bikin Fans Penasaran
5 Fakta Menarik Putri...
5 Fakta Menarik Putri Marino, Artis yang Ngaku Menyesal Buru-Buru Nikah di Usia Muda
GenIUS Expo 2026 Dorong...
GenIUS Expo 2026 Dorong Siswa Kembangkan Potensi Diri melalui Karya dan Inovasi
Jelajahi 197 Negara,...
Jelajahi 197 Negara, Peneliti Temukan Kesederhanaan Jadi Kunci Kebahagiaan
AS Kenalkan Mikroskop...
AS Kenalkan Mikroskop dengan Resolusi Detail hingga yang Terkecil
Rekomendasi
Hari Ini, Timnas Indonesia...
Hari Ini, Timnas Indonesia vs Australia Berebut Tiket Final di Piala AFF U-19 2026
5 Putusan Rasulullah...
5 Putusan Rasulullah SAW tentang Hak Asuh Anak Setelah Perceraian
SD Islam Al-Azhar Kelapa...
SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya Raih Posisi 5 Besar TKA 2026
Berita Terkini
Dibully Sampai Hidupnya...
Dibully Sampai Hidupnya Hancur, Ini Balas Dendam Anna di Microdrama V+Short She Was Never Gone
Nakei Tampilkan Pendewasaan...
Nakei Tampilkan Pendewasaan Musik Lewat Single Kedua 'Setengah Hadir'
Samuel Cipta Hadirkan...
Samuel Cipta Hadirkan Makna Cinta Lewat Single Terbaru Jagat Rasa
Bukan Skill Game-nya,...
Bukan Skill Game-nya, Ini yang Membuat Konten Refa Ardhi Disukai Banyak Orang
Program Loyalitas Jadi...
Program Loyalitas Jadi Strategi Pusat Belanja Menjaga Kedekatan dengan Pengunjung
Kesuksesan Refa Ardhi...
Kesuksesan Refa Ardhi di Dunia Digital Ternyata Dibangun dari Hal Sederhana Ini
Infografis
7 Fakta Pembantaian...
7 Fakta Pembantaian Warga Gaza yang Antre Makanan oleh Israel
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved