7 Fakta Terbaru Khasiat Minyak Zaitun yang Lebih Ampuh dari Obat Apapun

Jum'at, 28 Juli 2023 - 14:58 WIB
loading...
7 Fakta Terbaru Khasiat Minyak Zaitun yang Lebih Ampuh dari Obat Apapun
Orang yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun dalam sehari memiliki risiko kematian akibat demensia 28% lebih rendah daripada orang yang jarang mengonsumsinya. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkap fakta terbaru tentang mengonsumsi obat-obatan yang selama ini dipercaya bisa membantu mengurangi berbagai risiko penyakit dengan kematian dini. Mulai jantung, kanker, diabetes, hingga penyakit saraf seperti demensia dan parkinson.

Dalam penelitian terbaru itu disebutkan, faktanya, tidak ada obat-obatan yang bisa melakukan semua itu. Namun, dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa sejatinya ada pilihan lain selain obat-obatan yang justru lebih ampuh dalam meminimalisir risiko berbagai penyakit tersebut, yaitu minyak zaitun ekstra virgin.

“Benar-benar tidak ada makanan lain yang menawarkan berbagai manfaat ini. Tidak ada obat,” ujar seorang profesor di Universitas Brown yang telah meneliti minyak zaitun selama lebih dari 20 tahun, Mary Flynn, dilansir dari laman Nourish, Jumat (28/7/2023).



Baru-baru ini, penelitian baru dari Universitas Harvard menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun dalam sehari memiliki risiko kematian akibat demensia 28% lebih rendah daripada orang yang jarang mengonsumsinya.

Setelah penelitian selama beberapa dekade, kepopuleran tentang segudang manfaat minyak zaitun untuk berbagai penyakit mulai menanjak. Bahkan, di media sosial TikTok, video edukasi tentang meminum minyak zaitun setiap hari telah ditonton lebih dari 1 miliar kali.

Tak hanya itu, saat ini beberapa perusahaan juga mulai banyak yang menawarkan minyak zaitun untuk kebutuhan medis karena mengandung senyawa bermanfaat tingkat tinggi. Awal tahun ini, Starbucks pun mulai memperkenalkan sederet minuman kopi yang dibuat dengan minyak zaitun extra virgin.

Khasiat minyak zaitun juga banyak dimanfaatkan oleh para aktor papan atas di seluruh dunia. Misalnya Brie Larson dan Chloe Grace Moretz yang kerap menggunakannya untuk membersihkan wajah mereka. Ada lagi Jennifer Lopez yang begitu memuji khasiat minyak zaitun sebagai rahasia awet mudanya, dibanding harus melakukan botox.

Lantas, apa saja hasil dari penelitian tersebut terkait segudang manfaat minyak zaitun untuk kesehatan? Berikut di antaranya.

1. Mengurangi Risiko Peradangan

Sebelumnya, pada 2022, terdapat analisis studi yang melibatkan ratusan orang untuk menemukan fakta terkait khasiat minyak zaitun. Saat itu ditemukan bahwa setiap tambahan 5 gram minyak zaitun di makanan yang Anda konsumsi setiap hari, terbukti dapat menurunkan risiko kematian secara keseluruhan sebesar 4%.

Pasalnya, minyak zaitun extra-virgin kaya akan polifenol, kelompok antioksidan kuat yang melawan peradangan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2533 seconds (0.1#10.140)