Menambahkan Minyak Zaitun dalam Makanan Dapat Mencegah Stroke

Rabu, 02 Desember 2020 - 14:10 WIB
loading...
Menambahkan Minyak Zaitun...
Mengonsumsi minyak zaitun dapat membantu mencegah stroke. Penelitian ini dipublikasikan edisi online Neurology, jurnal medis American Academy of Neurology. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun dapat membantu mencegah stroke pada orang tua. Penelitian ini dipublikasikan edisi online Neurology, jurnal medis American Academy of Neurology.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa serangkaian rekomendasi diet baru harus dikeluarkan untuk mencegah stroke pada orang berusia 65 tahun ke atas," kata penulis studi Cécilia Samieri, PhD, dari Universitas Bordeaux dan Institut Penelitian Kesehatan dan Medis Nasional (INSERM) di Bordeaux, Prancis. (Baca juga: Ini Cara yang Benar Menggunakan Minyak Zaitun untuk Pijat )

"Stroke sangat umum terjadi pada orang tua dan minyak zaitun akan menjadi cara yang murah dan mudah untuk membantu mencegahnya," lanjut Samieri dilansir dari Science Daily, Rabu (2/12).

Untuk studi tersebut, para peneliti melihat catatan medis dari 7.625 orang berusia 65 tahun ke atas dari tiga kota di Prancis, Bordeaux, Dijon dan Montpellier. Peserta tidak memiliki riwayat stroke. Konsumsi minyak zaitun dikategorikan sebagai tidak ada gunanya, penggunaan sedang seperti menggunakan minyak zaitun dalam memasak atau sebagai saus atau dengan roti.

Selain itu, minyak zaitun juga dikategorikan penggunaan intensif, yang termasuk menggunakan minyak zaitun untuk memasak dan sebagai saus atau dengan roti. Samieri menjelaskan para peserta penelitian terutama menggunakan minyak zaitun extra virgin, karena 98% dari yang tersedia di Prancis. Setelah lebih dari lima tahun, ada 148 kasus stroke.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Stop Pakai Sarung Tangan...
Stop Pakai Sarung Tangan Plastik Saat Makan, Ini Bahayanya bagi Kesehatan!
Jangan Tunggu Sirosis,...
Jangan Tunggu Sirosis, Dokter Ingatkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Hati Sejak Dini
3 Gerakan Sederhana...
3 Gerakan Sederhana agar Tubuh Lebih Segar dan Tidak Kaku saat Bangun Tidur
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Kerja Shift Malam, Risiko Penyakit Jantung Meningkat
Benarkah Olahraga Malam...
Benarkah Olahraga Malam Berbahaya? Ini Penjelasan Dokter
Jangan Tunggu Keluhan,...
Jangan Tunggu Keluhan, Pemeriksaan Mata Anak Perlu Dilakukan Sejak Dini
Layanan Stroke Medan...
Layanan Stroke Medan Raih Pengakuan Internasional dari World Stroke Organization
Inovasi Terapi Standar...
Inovasi Terapi Standar Global untuk Penderita Stroke di Indonesia
Gaungkan Deteksi Dini...
Gaungkan Deteksi Dini Aritmia, Cegah Stroke Lewat Gerakan MENARI
Rekomendasi
Buku Laku Spiritual...
Buku Laku Spiritual Pak Harto, Indonesia, dan Kejawen Diluncurkan, Kupas Cara Soeharto Tunjuk Pembantunya
Penampakan 2 Tersangka...
Penampakan 2 Tersangka Kasus Kuota Haji Kenakan Rompi Oranye KPK
Yeho Gathering 2026,...
Yeho Gathering 2026, Merayakan 20 Tahun Perjalanan Sekolah
Berita Terkini
Dari Iran ke Indonesia,...
Dari Iran ke Indonesia, Pesepeda Arezoo Tampil Memukau Lewat Sentuhan Ade Fitri Kirana
Nonton Gratis hingga...
Nonton Gratis hingga VIP, Ini Beragam Cara Menikmati Microdrama di V+Short
Ruben Onsu Tak Lagi...
Ruben Onsu Tak Lagi Harapkan Permintaan Maaf Sarwendah, Hanya Ingin Bertemu Anak
Liburan Mewah Tanpa...
Liburan Mewah Tanpa Menguras Anggaran: Hotel Bintang 4 dan 5 Mulai Rp300.000
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise dan Baby Soleil Jadi Sorotan, Perhiasan yang Dipakai Tembus Rp1,2 Miliar
Pembuktian Irish Bella...
Pembuktian Irish Bella jadi Produser di Film Horor Dosa, Tayang 11 Juni
Infografis
Apa Itu Dilema Malaka?...
Apa Itu Dilema Malaka? Strategi AS Cekik Minyak China, Berpotensi Seret Indonesia dalam Konflik
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved