Selain Cegah Kolesterol Tinggi, Ini 5 Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 30 Juli 2023 - 09:25 WIB
loading...
Selain Cegah Kolesterol Tinggi, Ini 5 Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat terong untuk kesehatan tubuh sangat banyak, diantaranya selain mencegah kolesterol tinggi juga efektif meningkatkan kesehatan jantung. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Manfaat terong untuk kesehatan tubuh ternyata cukup banyak. Diantaranya, selain mencegah kolesterol tinggi yang berdampak pada peningkatan kesehatan jantung, sayuran ini juga berkhasiat bagi tulang.

Terong bisa menjadi pilihan menu yang enak saat diet. Meskipun ekonomis, menu berbahan dasar terong tak kalah lezatnya dengan sayur jenis lainnya.

Terong dapat diolah menjadi berbagai menu masakan, dipanggang, ditumis dengan kecap atau saus, hingga direbus.

Memiliki kandungan serat yang tinggi, terong juga memiliki antioksidan, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan dan fungsi yang baik.



Lantas apa saja manfaat terong untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan berikut sebagaimana dikutip dari Healthier Steps, Minggu (30/7/2023).

5 Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh

1. Menetralkan Radikal Bebas

Antioksidan adalah senyawa yang mencegah kerusakan sel ketika oksigen bereaksi dengan zat berbahaya dalam tubuh yang dikenal sebagai radikal bebas.

Kerusakan sel ini dapat mengganggu fungsi sel normal dan menyebabkan peradangan yang dapat memicu berbagai kondisi kronis. Mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan akan membantu menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah oksidasi dan efeknya.

2. Mencegah kanker

Terong kaya akan berbagai senyawa pelawan kanker, termasuk anthocyanin, solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs), dan asam klorogenat yang telah terbukti menawarkan manfaat perlindungan kanker.

Asam klorogenat, khususnya, mencegah radikal bebas membentuk sel kanker dan menghambat pertumbuhan tumor dan proliferasi sel kanker. Chlorogenic acid juga berperan sebagai anti mikroba, antivirus, anti inflamasi, dan membantu menurunkan kolesterol jahat.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Terong kaya akan bioflavonoid, yang bagus untuk menurunkan tekanan darah. Ini, pada gilirannya, akan mengurangi ketegangan pada jantung, meningkatkan sirkulasi dan secara umum meningkatkan sistem kardiovaskular yang sehat.

Serat dalam terung dapat mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. HDL rendah juga dapat menurunkan risiko stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

Anthocyanin dalam terong juga membantu menurunkan peradangan yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Baik untuk pencernaan

Terong tidak hanya menenangkan berbagai jenis masalah pencernaan, tetapi juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan lain yang dikonsumsi bersamaan. Terong kaya akan prebiotik, sejenis serat yang membantu memberi makan bakteri usus baik (probiotik) dan meningkatkan jumlahnya.

Probiotik sangat penting untuk usus yang sehat, otak yang sehat, dan sistem kekebalan yang kuat. Serat dalam terong juga memainkan peran penting dalam mendorong buang air besar secara teratur, mencegah sembelit, dan merangsang sekresi cairan lambung yang memfasilitasi pemrosesan makanan dan penyerapan nutrisi.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Terong kaya akan potasium, kalsium, dan vitamin K, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet dan meningkatkan kesehatan tulang.

Kalium dan kalsium bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang secara umum. Kalium membantu penyerapan kalsium di usus, sementara kalsium dibutuhkan untuk membangun dan mempertahankan tulang yang kuat.

Vitamin K, sebaliknya, meningkatkan produksi sel tulang dan regulasi kalsium, yang meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)