5 Makanan yang Harus Dihindari saat Batuk dan Pilek, Nomor 3 Bikin Tambah Parah

Minggu, 30 Juli 2023 - 10:15 WIB
loading...
5 Makanan yang Harus Dihindari saat Batuk dan Pilek, Nomor 3 Bikin Tambah Parah
Ilustrasi batuk pilek. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Makanan yang harus dihindari saat batuk dan pilek sangat penting diketahui agar gangguan kesehatan tersebut cepat teratasi.

Seperti diketahui umumnya masyarakat sadar bahwa setengah dari penyakit yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh dapat disembuhkan hanya dengan mengatur pola makan.

Meski batuk dan pilek bukanlah penyakit yang bisa berakibat fatal, namun keluhan kesehatan ini dapat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas.

Maka dari itu, ada baiknya saat batuk dan pilek hindari segala makanan yang dapat memperparahnya. Lantas apa saja makanan yang harus dihindari saat batuk pilek itu? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Pristyn Care, Minggu (30/7/2023).


5 Makanan yang Harus Dihindari saat Batuk dan Pilek

1. Produk susu

Sebaiknya hindari produk olahan susu seperti susu, es krim, keju saat sedang flu. Ini akan membuat hidung Anda tersumbat atau berair dan menyebabkan lebih sulit bernapas.

2. Kafein dan alkohol

Kedua makanan ini akan membuat tubuh menjadi dehidrasi. Jadi ketika sudah kehilangan cairan dari tubuh dalam bentuk lendir, lebih baik tidak mengkonsumsinya. Alkohol mencegah sistem kekebalan berfungsi dengan baik sehingga memperpanjang batuk dan pilek.

3. Gorengan

Makanan yang digoreng cenderung membuat kondisi batuk semakin parah. Asam lemak dari mentega, lemak babi, dan asam lemak omega-6 dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak lendir. Makan makanan sehat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Makanan padat Histamin

Histamin diproduksi oleh tubuh untuk membuang partikel berbahaya, termasuk alergen. Bahan kimia ini bekerja dengan cara memicu tubuh untuk membuat lebih banyak lendir. Ini membuat hidung meler atau tersumbat.

Oleh karena itu, seseorang yang tengah menderita batuk dan pilek sebaiknya menghindari makanan yang kaya akan histamin. Beberapa makanan yang harus dihindari adalah alpukat, jamur, stroberi, buah-buahan kering, alkohol, yogurt, cuka, dan makanan fermentasi.

5. Gula

Mirip dengan alkohol, gula juga bisa memicu peradangan. Hal ini dapat memperburuk gejala pilek termasuk batuk. Meski bisa membuat nyaman, sebisa mungkin hindari yang manis-manis.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)