Mengenal Kanker Prostat, Pengobatan dan Efek Sampingnya

Senin, 31 Juli 2023 - 15:24 WIB
loading...
A A A
Radioterapi prostat dan vesikula seminalis merusak produksi air mani, dan juga dapat mengganggu sebagian produksi sperma di testis. Karena kanker prostat umumnya menyerang pria berusia 60 tahun ke atas, banyak pasien pada usia ini tidak begitu peduli dengan kesuburan setelah pengobatan.

Namun, dalam skenario yang tidak biasa di mana seorang pasien ingin memiliki anak setelah menerima diagnosis kanker prostat, bank sperma dapat dieksplorasi sebagai cara mempertahankan kesuburan sebelum menjalani pengobatan. Penting untuk dipahami bahwa walaupun pasien mungkin menjadi tidak subur setelah pengobatan, beberapa pasien masih dapat mencapai ereksi dan mempertahankan fungsi seksual.

Penurunan kadar testosteron dan hilangnya libido akibat pengobatan ADT mungkin menjadi penyebab utama kekhawatiran beberapa pasangan. Dalam kasus seperti itu, konseling pasangan dapat dipertimbangkan jika menyebabkan stres berat dalam hubungan seksual pasangan.

Pada umumnya, kadar testosteron dan libido akan meningkat pada kebanyakan pria setelah ADT dihentikan. Untuk pria dengan disfungsi ereksi, penghambat phosphodiesterase-5 (PDE5), seperti sildenafil (Viagra), adalah pil yang dapat membantu ereksi, terutama jika saraf yang mengontrol ereksi dipertahankan.

Alternatif lain termasuk alat bantu vakum untuk membuat ereksi, dan implan penis. Setelah operasi atau radioterapi pada prostat, akan terjadi sedikit atau tidak ada ejakulasi. Namun, sensasi penis tetap akan utuh, dengan potensi mencapai orgasme bahkan jika saraf ereksi rusak selama perawatan.

Pendekatan multidisiplin untuk mengelola kanker prostat, yang meliputi pengobatan, konseling, dan layanan dukungan lainnya, dapat memberi Anda perawatan holistik yang dapat membantu Anda terus hidup senormal mungkin setelah perawatan.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)