Mengenal Kanker Prostat, Pengobatan dan Efek Sampingnya

Senin, 31 Juli 2023 - 15:24 WIB
loading...
A A A
Sekitar satu dari lima pria dengan kanker prostat stadium lanjut mungkin memiliki mutasi perbaikan DNA yang mendasari sel kanker mereka yang selanjutnya mendorong pertumbuhan sel kanker. Penting bahwa pria dengan kanker prostat stadium lanjut melakukan tes genetik untuk mutasi perbaikan DNA sebagai bagian dari penilaian mereka.



Mereka mungkin mendapat manfaat dari terapi bertarget dengan inhibitor PARP oral. Sebagian kecil pasien kanker prostat memiliki mutasi yang mendasari protein perbaikan ketidakcocokan. Pasien-pasien ini mendapat manfaat dari penggunaan imunoterapi. Karena pengobatan yang lebih aktif ditemukan, berbagai strategi kombinasi sedang diuji untuk lebih mengoptimalkan hasil pasien.

Pengobatan kanker prostat dapat memengaruhi fungsi seksual pria. Antara lain penurunan libido (gairah seks), disfungsi ereksi, kesulitan mencapai orgasme, dan masalah ejakulasi. “Disfungsi seksual seringkali merupakan efek samping pengobatan kanker prostat yang jarang dilaporkan, kanker paling umum kelima pada pria Indonesia,” jelas Dr Wong.

Kanker prostat lokal biasanya diobati dengan pembedahan atau radioterapi. Namun, pembedahan dan radioterapi membawa beberapa risiko merusak kumpulan kecil saraf yang mengontrol ereksi yang berjalan di kedua sisi prostat. Ini dapat mempengaruhi fungsi ereksi untuk beberapa pria setelah perawatan.

Peluang mempertahankan fungsi ereksi setelah perawatan dipengaruhi oleh usia, fungsi seksual sebelum perawatan, dan apakah pendekatan pengawetan saraf dapat digunakan. Pasien dengan tumor yang sangat besar memiliki peluang lebih kecil untuk melestarikan saraf ereksi.

Pasien yang lebih muda memiliki peluang lebih tinggi untuk mencapai ereksi setelah operasi. Namun, bisa memakan waktu beberapa bulan hingga dua tahun setelah operasi untuk ereksi spontan kembali.



Untuk pasien yang berisiko tinggi kambuhnya kanker, dan dalam kasus di mana kanker telah menyebar ke luar prostat, terapi kekurangan androgen (ADT) adalah tulang punggung pengobatan utama dapat digunakan untuk pengobatan. Sayangnya, penggunaan ADT dalam jangka panjang akan mengakibatkan penurunan kadar testosteron, yang dapat menyebabkan penurunan hasrat seksual dan disfungsi ereksi.

Pengobatan kanker prostat dengan cara operasi dan radioterapi biasanya menyebabkan kemandulan. Operasi tersebut tidak hanya mengangkat prostat dan vesikula seminalis yang menghasilkan semen untuk transportasi sperma, tetapi juga memotong vas deferens atau saluran sperma yang merupakan jalur antara testis (tempat diproduksinya sperma) dan uretra (tempat keluarnya sperma dari tubuh).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)