3 Bahan Alami Obat Batuk Anak, Nomor 2 Terbukti Ampuh

Selasa, 01 Agustus 2023 - 05:30 WIB
loading...
3 Bahan Alami Obat Batuk Anak, Nomor 2 Terbukti Ampuh
Bahan alami obat batuk anak. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini publik dibuat heboh terkait kasus 6 anak di Kamerun yang meninggal setelah minum Obat Naturcold. Obatsirup tersebut merupakan obat dengan indikasi untuk meredakan gejala flu, batuk, pilek dan rinitis alergi.

Meskipun BPOM RI memastikan tidak ada obat sirup Naturcold di Indonesia, para orangtua tetap harus lebih jeli memberikan obat atau memberikan penanganan untuk mengobati batuk hingga flu pada anak.

Dokter Spesialis Anak RSIA Bunda Jakarta, dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi atau yang akrab disapa dr.Tiwi menjelaskan, dibanding harus langsung memberi obat, penanganan masalah flu hingga batuk pada anak sebenarnya bisa diatasi dengan cara alami yang terbilang jauh lebih aman. Salah satunya dengan minum banyak air putih dan menghindari berbagai jenis makanan pemicu flu dan batuk.

“Untuk flu dan batuk kalau ringan bisa dikasih air putih. Dan sebaiknya orangtua lebih banyak mencari edukasi terkait makanan yang memang harus dihindari, misalnya makanan kerupuk, berbagai jenis makanan yang digoreng, permen, cokelat, atau fast food,” ujar dr.Tiwi, saat diwawancara di RSIA Bunda Jakarta, Senin, (31/7/2023).



Selain air putih, alternatif lain yang bisa dilakukan para orangtua adalah yakni dengan meracik obat batuk dengan bahan-bahan alami yang terbilang aman untuk anak.

“Kalau saya lebih merekomendasikan meracik obat batuk dengan bahan-bahan yang lebih alami ya,” ujar dr.Tiwi.

Nah, beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati flu dan batuk pada anak diantaranya mulai dari madu, lemon, jahe, hingga kunyit.

1. Madu
Menurut sebuah studi yang dimuat pada Cochrane Library menyebut, bahwa madu dapat meredakan gejala batuk anak, bahkan lebih baik daripada beberapa obat batuk bebas dengan kandungan diphenhydramine dan salbutamol.

Ini karena madu memiliki zat anti peradangan, antibakteri, dan antioksidan yang dapat melegakan tenggorokan sekaligus mempercepat proses pemulihan si Kecil. Bahkan, memberikan madu selama si Kecil batuk juga dapat membantunya tidur lebih nyenyak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1978 seconds (0.1#10.140)