Film TALA: When Love Calls From The Bottom of Borneo, Angkat Potensi Wisata Tanah Laut

Selasa, 01 Agustus 2023 - 17:21 WIB
loading...
Film TALA: When Love Calls From The Bottom of Borneo, Angkat Potensi Wisata Tanah Laut
Film TALA: When Love Calls From The Bottom of Borneo. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bupati Tanah Laut HM Sukamta mengaku optimistis film TALA: When Love Calls From The Bottom of Borneo mampu mempromosikan pariwisata Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Hal tersebut disampaikan Sukamta dalam acara Bincang Siang di Bentara Budaya Jakarta, belum lama ini. Sukamta memaparkan, Tanah laut memiliki potensi wisata paling lengkap ketimbang kawasan lain di Kalimantan Selatan, mulai dari pesisir pantai, gunung, serta hutan.

Ada sejumlah obyek wisata yang terkenal di Tanah Laut, di antaranya Pantai Batakan Baru, Pantai Takisung, Pantai Swarangan, Air Terjun Balangdaras, upacara adat Balian, serta Bukit Teletubies. “Dengan demikian, wisatawan yang datang ke Tanah Laut memiliki banyak pilihan untuk berwisata,” ujar Sukamta.

Meski memiliki potensi, Sukamta mengamini bahwa Tanah Laut hanya dikenal oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Kalimantan Selatan. Oleh karena itu, pihaknya ingin mempromosikan Tanah Laut kepada wisatawan nasional dan mancanegara. Salah satunya, melalui film TALA: When Love Calls From The Bottom of Borneo.



Sukamta menilai, film merupakan medium yang tepat untuk mempromosikan wisata di Kabupaten Tanah Laut. Pasalnya, film dapat menayangkan konten promosi dengan durasi lebih lama sekaligus memberikan hiburan kepada penonton. Dengan demikian, penonton dapat mengonsumsi pesan iklan secara implisit dan tidak merasa terbebani.

Hal tersebut, kata Sukamta, membuat film lebih efektif ketimbang sarana promosi lainnya, seperti banner, reklame, iklan, serta videotron.

“Kalau lewat film, setidaknya orang menyaksikan tayangan selama 90 menit. Selanjutnya, penonton bisa menyaksikan berbagai keindahan Tanah Laut sepanjang cerita,” katanya.

Film TALA: When Love Calls From The Bottom of Borneo, lanjut Sukamta, telah memberikan multiplier effect di Tanah Laut, termasuk pada sektor industri kreatif. Pasalnya, sekitar 75 persen aktor dan aktris yang membintangi film tersebut berasal dari Tanah Laut.

Selain itu, produksi film daerah itu turut memajukan rasa percaya diri para pelaku industri kreatif di Tanah Laut. Terbukti, sineas lokal di Tanah Laut tengah memproduksi film horor selepas TALA: When Love Calls From The Bottom of Borneo diproduksi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)