Deretan Makanan Ini Memicu Kerusakan Gigi, Salah Satunya Keripik Kentang

Senin, 07 Agustus 2023 - 06:01 WIB
loading...
Deretan Makanan Ini Memicu Kerusakan Gigi, Salah Satunya Keripik Kentang
Gigi dapat rusak akibat makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari dan kerusakan gigi dapat disebabkan adanya bakteri dalam mulut. Foto/kuzmaadvanceddentistry.
A A A
JAKARTA – Gigi dapat rusak akibat makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari dan kerusakan gigi dapat disebabkan adanya bakteri dalam mulut.

Lalu, makanan dan makanan dan minuman apa saja yang bisa membuat gigi rusak? Dilansir Healthline pada Minggu (6/8/2023), berikut daftar makanan dan minuman yang dapat memicu terjadinya kerusakan pada gigi.


1. Soda atau Minuman Manis

Jika Anda suka minuman-minuman manis seperti soda, kopi atau minuman bersinergi lainnya, maka harus mulai dikurang. Pasalnya, minuman manis ini memiliki kandungan negatif yang dapat merusak gigi.

Minuman manis atau soda memiliki sifat asam sehingga bakteri, seperti streptococcus mutans memakan gula dan menghasilkan asam yang mendemineralisasi lapisan terluar gigi sehingga dapat memecah email gigi.

2. Keripik Kentang

Olahan makanan seperti keripik kentang ternyata juga menjadi penyebab dalam masalah gigi, dengan berbahan dasar tepung pati makanan tersebut akan berubah bentuk menjadi gula saat di proses dalam mulut.

3. Permen

Menghisap permen seperti lolipop atau tablet hisap juga menjadi salah satu penyebab gigi dapat berlubang. Ini karena banyaknya gula menjadi pemicu terjadinya perkembangan gigi berlubang dan bisa mambahayakan gusi.

Gula memberi makan bakteri penghasil asam di mulut dan ini menyebabkan erosi gigi. Gula juga dapat merusak jaringan gusi dan meningkatkan risiko penyakit gusi.

Tidak hanya keripik kentang, makanan olahan seperti pasta, biskuit pun memiliki dampak yang sama. Untuk itu, mengurangi makanan bertepung olahan dengan sumber karbohidrat yang lebih padat nutrisi seperti buah-buahan utuh, ubi jalar, dan biji-bijian dapat menjadi alternatif yang bagik karena dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut.


4. Makanan yang Terlalu Keras

Beberapa makanan yang terlalu keras mungkin akan meningkatkan terjadinya kerusakan pada lapisan gigi, sehingga akan mengakibatkan risiko terjadinya gigi retak atau patah, seperti mengunyah es.

Jadi, sebaiknya apabila ingin memakan makanan yang terlalu keras lebih baik membuatnya menjadi lebih lunak terlebih dahulu, atau tidak membuat makanan tersebut menjadi bahan cemilan.

5. Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol sangat tidak baik untuk kesehatan gigi karena dibuat dengan tambahan gula dan bahan asam. Selain itu minuman tersebut juga dianggap sebagai faktor penyebab terjadinya kanker mulut karena dapat mempengaruhi permeabilitas lapisan mulut yang membuatnya lebih rentan terhadap zat penyebab kanker potensial.

Minum minuman beralkohol terlalu sering juga dapat menyebabkan mulut menjadi kering, meningkatkan keasaman di mulut dan mengubah keseimbangan bakteri mulut, di mana semua itu akan berdampak negatif pada kesehatan gigi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3590 seconds (0.1#10.140)