Jangan Sepelekan Tidur Siang, Ini Manfaatnya

Senin, 07 Agustus 2023 - 07:00 WIB
loading...
Jangan Sepelekan Tidur Siang, Ini Manfaatnya
Tidur siang kerap dianggap sepele. Padahal, memiliki banyak manfaat. Bagi orang dewasa misalnya, tidur siang membantu mengatasi masalah kelelahan. Foto/sleepcenterinfo.
A A A
JAKARTA – Tidur siang kerap dianggap sepele. Padahal, memiliki banyak manfaat. Bagi orang dewasa misalnya, tidur siang dapat membantu mengatasi kelelahan yang terjadi pada siang hari.

Dilansir Sleep Fondation pada Minggu (6/8/2023). Tidur siang sangat bermanfaat bagi pekerja shift yang berjuang untuk mendapatkan tidur yang cukup dan memiliki waktu yang terbatas.



Tidur siang juga dapat meningkatkan kognitif memori, seperti kemampuan untuk menyelesaikan tugas yang kompleks.

Salah satu studi menemukan bahwa dengan tidur siang memiliki resiko rendah untuk memiliki masalah kardiovaskular dan mendukung sistem kekebalan tubuh pada orang yang memiliki keterbatasan tidurnya di malam hari.

Beberapa orang juga berpendapat bahwa tidur siang dikaitkan dengan masalah tekanan darah tinggi, di mana hal tersebut biasa terjadi kepada seorang lansia.

Sementara, studi lainnya mengungkap bahwa tidur siang selama lebih dari 60 menit sehari dikaitkan dengan penekanan resiko terkena diabetes tipe 2.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti apakah tidur siang dapat mempengaruhi kesehatan atau tidak. Sehingga selama hal tersebut tidak berlebihan, sepertinya sah-sah saja jika hal itu dilakukan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2386 seconds (0.1#10.140)