Benarkah Gula Lebih Bahaya dari MSG? Ini Faktanya!

Selasa, 08 Agustus 2023 - 16:43 WIB
loading...
Benarkah Gula Lebih...
Benarkah gula lebih bahaya dari monosodium glutamat (MSG)? Foto/ hellodoctor.
A A A
JAKARTA – Benarkah gula lebih bahaya dari monosodium glutamat (MSG)? Ini menjadi pertanyaan dari banyak orang, terlebih bagi mereka yang suka makanan manis dan gurih.

Dilansir hellodoctor pada Selasa (8/8/2023), gula dan MSG merupakan zat alami dalam tubuh dan ditemukan dalam makanan yang kita makan. Semua bahan itu sehat pada kadar tertentu, tetapi dapat merusak jantung jika terlalu banyak dikonsumsi.

Baca Juga: 10 Cara Mencegah Gagal Ginjal, Nomor 5 Kurangi Asupan Garam

Monosodium glutamat adalah garam natrium yang terbentuk dari asam glutamat, asam amino yang juga terdapat di dalam tubuh. Seperti garam, MSG adalah penambah rasa yang paling sering digunakan ke dalam makanan China dan daging olahan. Ini memberikan rasa "umami" atau gurih.

Meski terbilang aman, ada efek buruk yang perlu diketahui, seperti sakit kepala, berkeringat, jantung berdebar, nyeri dada, mual dan lemas.

Bagaimana dengan gula? Gula adalah zat alami dalam karbohidrat dan memberikan energi saat pencernaan sedang berlangsung.

Bahayanya terjadi ketika terlalu banyak mengonsumsi gula olahan, seperti yang terdapat dalam soda, minuman buah, permen dan makanan olahan.

Pakar nutrisi mengatakan bahwa hubungan antara obesitas dan diabetes sudah terjalin dengan baik dan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan jantung.

Baca Juga: Buang Air Sembarangan Dijelaskan dalam Al Quran, Bisa Sebabkan Tipes hingga Infeksi Liver

Hubungan langsung antara gula dan kesehatan jantung tidak sepenuhnya jelas, tetapi gula telah diketahui membuat stres, yang seiring waktu terjadi peningkatan penumpukan lemak.

Ini bisa berkembang menjadi penyumbang diabetes, meningkatkan tekanan darah dan memperburuk peradangan kronis.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Gula Berlebihan pada Anak, Bisa Turunkan Kecerdasan
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Faktor Genetik Bisa...
Faktor Genetik Bisa Sebabkan Obesitas, Tapi Masih Bisa Dicegah
Pernah Obesitas, Ini...
Pernah Obesitas, Ini Kisah dr. Gia Pratama Turun Berat Badan dari 100Kg
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
India Resmi Larang Ekspor...
India Resmi Larang Ekspor Gula hingga September 2026, Awas Kenaikan Harga
Rekomendasi
SPMB Kota Bandung 2026...
SPMB Kota Bandung 2026 Tahap 1 Dibuka, Simak Kuota, Syarat, dan Jadwal
Oditur Militer: Jika...
Oditur Militer: Jika Kita Bisa Lihat Andrie Yunus, Tuntutan Bisa Lebih Tinggi
Menhan Ungkap Kemenkeu...
Menhan Ungkap Kemenkeu dan Bappenas Pangkas Anggaran Pertahanan Ratusan Triliun
Berita Terkini
Sunan Kalijaga Buka...
Sunan Kalijaga Buka Suara setelah Dituding Tak Profesional oleh Erin Wartia
Sooyoung SNSD dan Jung...
Sooyoung SNSD dan Jung Kyung-ho Putus setelah 14 Tahun Pacaran
Grillz Mawar Biru Jennie...
Grillz Mawar Biru Jennie BLACKPINK Jadi Perbincangan, Ada yang Menyebut Mirip Gigi Berlubang
Cari Tontonan Plot Twist?...
Cari Tontonan Plot Twist? Ini 5 Microdrama V+Short yang Wajib Masuk Watchlist
Video Persalinan Amanda...
Video Persalinan Amanda Manopo dan Baby Zac Viral, Ucapan soal Anak Kedua Curi Perhatian
Solusi Tepat Menghadapi...
Solusi Tepat Menghadapi Situasi Mendadak dalam Perjalanan Bisnis
Infografis
Konsumsi Gula Harian...
Konsumsi Gula Harian Jangan Lebih dari 6 Sendok Teh
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved