Penyebab Penderita Diabetes Cenderung Jadi Kurus seperti yang Dialami Panji Petualang

Kamis, 10 Agustus 2023 - 15:33 WIB
loading...
Penyebab Penderita Diabetes Cenderung Jadi Kurus seperti yang Dialami Panji Petualang
Panji Petualang mengalami diabetes kering. Efeknya, dia mengalami penurunan berat badan yang drastis. Foto/ YouTube.
A A A
JAKARTA – Panji Petualang mengalami diabetes kering. Efeknya, dia mengalami penurunan berat badan yang drastis. Netizen pun mengkaitkan permasalahan penurunan berat badan dengan diabetes.

Dalam banyak kasus, kehilangan berat badan pada penderita diabetes bukan lah hal yang aneh. Pasalnya, jika mengalami diabetes tipe 2, insulin yang ada dalam tubuh tidak akan bekerja secara efektif dan tidak dapat megangkut glukosa ke sel-sel tubuh. Sebaliknya, justru malah membuat penumpukan dalam darah.



“Ketika glukosa tidak tiba di sel Anda, tubuh Anda berpikir itu kelaparan dan menemukan cara untuk mengimbanginya. Itu menciptakan energi dengan membakar lemak dan otot dengan cepat. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan,” kata Cotey, dikutip Cleveland Clinic pada Kamis (10/8/2023).

Selain itu, ginjal juga mulai bekerja secara ekstra untuk menghilangkan kelebihan gula dalam darah. Akibatnya, menggunakan energi tambahan dan dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Hal itu pun yang sama dilakukan oleh diabetes tipe 1. Namun, alih-alih tidak dapat menggunakan insulin, tubuh seperti berhenti untuk memproduksinya sama sekali.

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan ini juga dapat terjadi pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Namun, akan lebih sering ditemukan pada orang dengan tipe 1.

Sementara, penurunan berat badan akibat diabetes biasanya bukan gejala yang berdiri sendiri. Biasanya disertai dengan tanda-tanda gejala lainnya, seperti:

1. Rasa haus atau kelaparan yang berlebihan.

2. Buang air kecil secara terus menerus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2520 seconds (0.1#10.140)