8 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan, Bukan Cuma Atasi Sembelit

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 05:30 WIB
loading...
8 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan, Bukan Cuma Atasi Sembelit
Pepaya merupakan salah satu jenis buah tropis yang kaya nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat penting bagi kesehatan. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Pepaya merupakan salah satu jenis buah tropis yang kaya nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat penting bagi kesehatan. Salah satu manfaat populernya adalah untuk meringankan sembelit.

Buah ini sangat mudah dijumpai dan sangat terjangkau. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi pepaya, dikutip dari Lybrate, Jumat (11/8/2023).

1. Anti-Inflamasi

Berbagai mineral dan vitamin (A, B, C, K) dalam pepaya membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah infeksi. Vitamin ini juga mempromosikan penyembuhan luka dan luka bakar.


2. Mengontrol Kolesterol

Pepaya mengandung antioksidan, flavonoid, dan serat yang membantu akumulasi kolesterol atau plak di arteri. Kandungan lipid dan trigliserida juga bisa dikurangi dengan konsumsi pepaya secara rutin.

3. Baik untuk Pencernaan

Enzim papain yang terkandung dalam pepaya cukup efektif dalam mengurangi kerusakan akibat makan junk food atau makanan berminyak. Enzim ini membantu memecah protein, oleh karena itu berguna sebagai obat rumahan saat mengalami gangguan pencernaan.

Pepaya juga kaya serat dan membantu meringankan sembelit.

4. Aman untuk Penderita Diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya dikombinasikan dengan rendah kalori (buah berukuran sedang mengandung sekitar 110 kalori) merupakan keuntungan bagi pasien diabetes.

5. Kendalikan Radang Sendi

Berbagai mineral (kalium, kalsium, natrium, dan magnesium) dalam pepaya dapat membantu mengendalikan radang sendi serta nyeri tulang dan sendi dalam jangka panjang.


6. Efek Anti-Kanker

Flavonoid, fitonutrien, dan antioksidan membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang merupakan penyebab utama kanker. Pepaya juga mengandung beta karoten yang membantu mengendalikan kanker prostat dan usus besar.

7. Baik untuk Kesehatan Mata

Beta karoten, vitamin A, dan lutein membantu meningkatkan kelembaban mata dan mengendalikan degenerasi makula.

8. Jaga Kesehatan Rambut

Kulit kepala menghasilkan sebum yang kaya akan vitamin A. Pepaya bila dioleskan ke kulit kepala memberikan efek yang sama seperti sebum, yaitu membuat rambut tetap berkilau dan halus.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2407 seconds (0.1#10.140)