Apakah Penderita Kolesterol Bisa Makan Nasi Goreng? Simak Ulasannya

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 16:44 WIB
loading...
Apakah Penderita Kolesterol Bisa Makan Nasi Goreng? Simak Ulasannya
Nasi goreng tinggi kolesterol karena mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Nasi goreng merupakan makanan yang tinggi kolesterol karena mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Lalu, apakah penderita kolesterol bisa makan nasi goreng?

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang terdapat di dalam tubuh. Kolesterol memiliki fungsi penting bagi tubuh, seperti membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Namun, jika kadar kolesterol melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Akibatnya, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi adalah gaya hidup tidak sehat. Salah satunya karena sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh sehingga kolesterol dalam darah langsung melonjak.



Dalam nasi goreng mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang berasal minyak goreng biasa, mentega, margarin, daging berlemak, kulit ayam, jeroan, yang terkadang ada pada nasi goreng.

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (11/8/2023), SINDOnews telah merangkumnya sebagai berikut.

Apakah Penderita Kolesterol Bisa Makan Nasi Goreng?


Nasi goreng diolah dengan cara digoreng yang bisa meningkatkan kandungan lemak dan kolesterol dalam makanan. Terlebih jika menggunakan minyak yang sudah dipakai berkali-kali atau minyak yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Sepiring nasi goreng ternyata mengandung sekitar 228-400 kalori. Umumnya, nasi goreng yang biasa dimakan terdiri dari beberapa bahan utama, seperti nasi putih yang ditambahkan dengan sayur, daging, telur, kerupuk, dan lainnya.

Nasi goreng juga sering disajikan dengan lauk-pauk atau bumbu yang bisa menambah asupan kalori atau sodium, seperti kerupuk, sambal, saus teriyaki, atau kecap manis.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)