5 Manfaat Jambu Air, Mengatur Tingkat Gula Darah hingga Kesehatan Jantung

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 05:08 WIB
loading...
5 Manfaat Jambu Air, Mengatur Tingkat Gula Darah hingga Kesehatan Jantung
Tidak banyak orang yang menyadari manfaat jambu air, salah satunya bisa mengatur tingkat gula darah. Foto/ Freepik.
A A A
JAKARTA – Sebagian besar masyarakat mungkin sudah tahu manfaat apel, pisang atau anggur. Buah-buahan ini mudah ditemukan. Tapi, bagaimana dengan buah-buahan tropis dan eksotis seperti buah jambu air?

Tidak banyak orang yang menyadari manfaatnya. Jambu air adalah buah yang sangat sehat untuk dimasukkan dalam diet sehat Anda.



Bukan buah biasa, jambu air mudah ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Manfaat buah jambu air

1. Baik untuk Hidrasi

Jambu air menjadi pilihan yang sangat baik untuk memuaskan dahaga, bahkan efektif melepaskan sengatan matahari dan menghilangkan efek berbahaya dari dehidrasi di musim panas.

2. Sarat Antioksidan

Buah ini memiliki kandungan antioksidan seperti quercetin, asam galat, dan tanin sehingga membantu menetralisir radikal bebas berbahaya, mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan

Jambu air memiliki kemampuan untuk menghambat proliferasi sel dan menginduksi apoptosis. Polisakarida yang larut dalam air yang ada dalam buah menyebabkan penurunan volume tumor yang signifikan dan meningkatkan berat badan. Kaya akan serat yang akan membantu menjaga perut kenyang lebih lama.

4. Mengatur Tingkat Gula Darah

Jambu air memiliki sifat antihiperglikemik yang kuat, yang berarti mereka menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes.

Jambosine adalah alkaloid kristal bioaktif yang ada dalam apel air yang menghentikan konversi pati menjadi gula sehingga mengatur kadar gula, terutama pada pasien diabetes.


5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sifat antioksidan akan membantu melawan stres oksidatif. Ini juga memiliki kandungan potasium yang baik yang akan membantu kesehatan jantung dan juga meningkatkan tingkat tekanan darah.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)