10 Suplemen yang Bisa Mengobati Asam Urat, Alami Hilangkan Nyeri Sendi

Minggu, 13 Agustus 2023 - 16:05 WIB
loading...
10 Suplemen yang Bisa Mengobati Asam Urat, Alami Hilangkan Nyeri Sendi
Suplemen yang bisa mengobati asam urat sangat beragam. Beberapa di antaranya alami dan dipercaya dapat mengobati serangan asam urat atau mencegahnya terjadi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Suplemen yang bisa mengobati asam urat sangat beragam. Beberapa di antaranya alami dan dipercaya dapat mengobati serangan asam urat atau mencegahnya terjadi sejak awal.

Namun sebelum Anda mengonsumsi suplemen ini, tanyakan kepada dokter. Penting untuk mendiskusikan suplemen apa pun yang mungkin ingin Anda coba seandainya bisa berinteraksi dengan obat asam urat yang sudah diminum.

Asam urat sendiri merupakan radang sendi yang dapat kambuh tiba-tiba, menyebabkan nyeri, kemerahan, dan bengkak pada persendian. Ini dapat mempengaruhi satu sendi pada satu waktu atau beberapa sendi, dan cenderung terjadi terutama di jempol kaki.

Suplemen yang Bisa Mengobati Asam Urat



Berikut suplemen yang bisa mengobati asam urat dilansir dari Health Line, Minggu (13/8/2023).



1. Vitamin C


Vitamin C adalah vitamin esensial yang membantu tubuh membangun, memperbaiki, dan memelihara jaringan yang sehat. Juga dikenal sebagai asam askorbat, vitamin C adalah antioksidan. Artinya, ini membantu tubuh mempertahankan diri dari molekul radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan.

Namun, ketika berbicara tentang asam urat, kegunaannya tampaknya bergantung pada apakah Anda sudah menderita asam urat.Penelitian memang menunjukkan bahwa vitamin C dapat bermanfaat dalam pencegahan asam urat.

2. Susu Bubuk Skim


Tinjauan pada 2014 mengamati penelitian yang melibatkan penggunaan susu bubuk skim untuk mengatasi gejala asam urat. Menurut penelitian, mengonsumsi susu skim yang diperkaya tidak menghilangkan asam urat, tetapi memperbaikinya.

Orang yang menambahkan susu bubuk skim yang diperkaya ke dalam makanan mereka mengalami serangan asam urat sekitar 2,5 lebih sedikit per tahun. Penelitian pada 2012 mencatat bahwa orang yang menggunakan susu bubuk skim mengalami lebih sedikit rasa sakit.

3. Ekstrak Bromelain


Bromelain adalah ekstrak dari tanaman nanas yang diyakini memiliki sifat anti inflamasi. Ini sering digunakan untuk mengobati radang sendi, sinusitis, dan jenis peradangan lainnya. Saat ini penelitian masih cukup terbatas. Di masa depan, penelitian lebih lanjut mengungkap manfaat bromelain untuk membantu penderita peradangan akibat asam urat.

4. Minyak Ikan


Para ahli sering merekomendasikan asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam suplemen minyak ikan, untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tapi suplemen ini juga bermanfaat bagi penderita asam urat karena mengurangi peradangan, ciri utama dari kondisi ini.

Beberapa jenis ikan mengandung bahan kimia tingkat tinggi yang disebut purin, yang dapat memperparah asam urat karena cenderung meningkatkan kadar asam urat. Tapi minyak ikan yang telah disuling tinggi seharusnya tidak mengandung purin.

5. Jahe


Jahe terkenal dengan khasiatnya efek anti inflamasi. Studi yang dirilis pada 2017 meneliti potensi penghilang rasa sakit dari jahe merah. Para peneliti menemukan bahwa kompres yang dibuat dengan jahe merah dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan asam urat.

Namun, penelitian itu kecil dan sangat terbatas. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang potensi jahe sebagai pengobatan asam urat.

6. Ekstrak Daun Jambu Biji


Jambu biji dikenal karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Beberapa orang beralih ke ekstrak daun jambu biji karena manfaatnya untuk sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak ini juga memiliki sifat anti asam urat.



7. Milk Thistle


Juga dikenal sebagai Silybum marianum, milk thistle telah dipelajari sebagai pengobatan untuk kerusakan hati yang disebabkan oleh beberapa pengobatan kanker. Penelitian pada 2016 menunjukkan bahwa hal itu juga berguna untuk menurunkan kadar asam urat.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian. Ini karena penelitian yang ada adalah penelitian pada hewan.

8. Kunyit


Banyak orang sudah mengandalkan suplemen kunyit untuk meredakan peradangan akibat radang sendi dan kondisi lainnya. Studi terbaru meneliti potensi anti asam urat dari kunyit. Studi ini terbatas, dan hanya efek pada tikus yang diselidiki.

Namun, para peneliti menyimpulkan bahwa sediaan yang mengandung nanopartikel kunyit dapat menjanjikan penurunan kadar asam urat pada penderita asam urat.

9. Ceri


Penelitian pada 2012 menyebutkan bahwa ceri tidak hanya enak, tetapi juga bermanfaat dalam menurunkan kadar asam urat. Ini bisa mengurangi kemungkinan serangan asam urat. Anda dapat memilih ceri atau jus ceri.

10. Kopi


Analisis 2015 dari penelitian sebelumnya mencatat bahwa kopi dapat melindungi terhadap asam urat karena mengurangi kadar asam urat. Mayo Clinic mencatat bahwa efek perlindungan mungkin tidak cukup bagi dokter untuk menyarankan Anda mulai minum kopi jika belum melakukannya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)