Nanda Gita, Influencer yang Sukses Jual Masakan Nusantara di Belanda, Bikin para Bule Ingin Traveling ke Indonesia

Senin, 14 Agustus 2023 - 09:27 WIB
loading...
Nanda Gita, Influencer yang Sukses Jual Masakan Nusantara di Belanda, Bikin para Bule Ingin Traveling ke Indonesia
Nanda Gita memutuskan pindah ke Belanda mengikuti domisili sang suami, Dennis Kuiper. Di sana, influencer sekaligus mantan aktris FTV ini tak hanya berdiam diri, melainkan aktif menjajakan masakan khas Nusantara. Foto/Instagram Nanda Gita
A A A
JAKARTA - Nanda Gita memutuskan pindah ke Belanda mengikuti domisili sang suami, Dennis Kuiper. Di sana, influencer sekaligus mantan aktris FTV ini tak hanya berdiam diri, melainkan aktif menjajakan masakan khas Nusantara.

Awal terjunnya Nanda Gita di dunia kuliner sampai bisa memperkenalkan masakan Indonesia kepada para bule Belanda sebenarnya tidak disengaja. Nanda yang memiliki sertifikat instruktur yoga internasional menemukan fakta bahwa orang Belanda tak begitu menyukai olahraga tersebut.

Kehidupan orang Belanda yang sudah terbiasa jalan kaki maupun bersepeda, membuat mereka tak lagi harus menghabiskan waktu di tempat kebugaran. Alhasil, di tengah kegalauannya, Nanda mulai coba-coba belajar memasak.



Dorongan mempelajari resep-resep kuliner Tanah Air juga datang dari kerinduan Nanda akan masakan Indonesia. Bukan tidak ada di Belanda, tetapi cita rasanya dianggap masih kurang sesuai dengan lidah lokalnya.

"Dari situ aku belajar sendiri, masak-masak sendiri. Trial error, misalnya resep nggak sesuai segala macem. Lama-lama aku bagikan ke keluarga suami, ke teman-teman, mereka suka. Akhirnya aku menikmati untuk bisa belajar masak," kata Nanda Gita kepada MNC Portal melalui sambungan video call, belum lama ini.

Sadar bahwa masakannya dianggap enak, bahkan oleh keluarga suami yang semuanya adalah orang asing, Nanda mulai nekat berjualan. Ibu satu anak yang tengah menantikan buah hati kedua ini menawarkan makanan kepada para tetangga bulenya.

Tak disangka, lidah orang Belanda ternyata cocok dengan masakan Nanda Gita yang dibumbui aneka macam rempah.

"Mereka bilang, kok rendang yang kamu bikin beda ya sama yang biasa aku makan? Kok soto atau semur yang kamu bikin beda," ujar Nanda, menirukan komentar para tetangganya.

Lama-kelamaan, Nanda Gita bisa memiliki pelanggan setia yang kerap memesan makanan darinya dalam jumlah besar. Menurut dia, kebanyakan pelanggan adalah orang Belanda asli, ataupun orang Eropa yang tinggal di Negeri Kincir Angin.

Mengedukasi Bule Belanda tentang Rempah Nusantara

Nanda Gita tidak sebatas menjual makanan Indonesia demi mendapatkan penghasilan tambahan. Dia juga secara sukarela membagikan pengetahuan tentang rempah-rempah khas yang biasa dimasukkan ke dalam masakannya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2772 seconds (0.1#10.140)