7 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Tanpa Obat, Salah Satunya Mengelola Tingkat Stres

Rabu, 23 Agustus 2023 - 08:53 WIB
loading...
7 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Tanpa Obat, Salah Satunya Mengelola Tingkat Stres
Ada beberapa cara menurunkan gula darah tinggi tanpa obat. Salah satunya dengan berolahraga secara rutin. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah cara menurunkan gula darah tinggi tanpa obat yang perlu diketahui. Salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin.

Kadar gula darah tinggi pada tubuh dipengaruhi banyak hal. Di antaranya seperti kondisi kesehatan tertentu hingga gaya hidup yang terbilang kurang sehat.

Mengatur kadar gula darah sangat penting bagi seseorang. Pasalnya, kondisi kesehatan ini kerap dikaitkan dengan diabetes. Berikut sederet cara menurunkan gula darah tinggi tanpa obat.

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi Tanpa Obat


1. Berolahraga Rutin


Olahraga adalah cara yang tepat dan cepat ketika ingin menurunkan kadar gula darah. Mengutip Healthline, aktivitas seperti olahraga dapat membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin.

Peningkatan sensitivitas insulin menandakan sel-sel tubuh dapat lebih efektif menggunakan gula yang tersedia dalam aliran darah. Selain itu, olahraga juga membantu otot untuk menggunakan gula darah sebagai sumber energi.


2. Mengelola Tingkat Stres


Stres ternyata dapat mempengaruhi kadar gula darah seseorang. Pada kondisi stres, tubuh Anda akan mengeluarkan hormon yang disebut glukagon dan kortisol.



Komponen tersebut bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat. Maka dari itu, Anda harus bisa mengelola tingkat stres dalam tubuh agar nantinya tidak terjadi lonjakan gula darah kembali.

Pada sejumlah cara yang dapat dilakukan, Anda bisa mencoba metode relaksasi seperti bermeditasi, healing, mendengarkan musik kesukaan, dan lain sebagainya. Singkatnya, jangan sampai rasa stres menguasai diri dan membuat kadar gula darah menjadi melonjak.


3. Tidur Berkualitas


Kebiasaan tidur yang buruk dapat memengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin. Kondisi ini juga bisa meningkatkan nafsu makan dan berat badan seseorang.

Tidur yang baik adalah tentang kuantitas dan kualitas. National Sleep Foundation memberi rekomendasi tidur 7-8 jam untuk orang dewasa per malamnya.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, cobalah untuk melakukan langkah seperti membuat jadwal, bermeditasi, mandi air hangat sebelum tidur, menggunakan aromaterapi, dan lainnya.


4. Minum Lebih Banyak Air Putih


Tetap terhidrasi menjadi cara mudah mengontrol kadar gula darah. Mengutip EverydayHealth, sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang kurang minum air lebih berisiko terkena masalah gula darah tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)