Apakah Timun Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah? Cek Dulu Kandungan Nutrisinya

Rabu, 23 Agustus 2023 - 19:52 WIB
loading...
Apakah Timun Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah? Cek Dulu Kandungan Nutrisinya
Timun bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Foto/Ilustrasi/All About Gardening
A A A
JAKARTA - Timun atau mentimun termasuk ke dalam golongan sayuran non-pati yang dapat dikonsumsi penderita diabetes . Namun, apakah timun dapat menurunkan kadar gula darah ?

Menjaga kadar gula darah agar tidak tinggi sangat penting bagi penderita diabetes. Apabila kadar gula darah melonjak tinggi atau tidak terkendali maka akan berdampak serius bagi kesehatan.

Salah satu cara menjaga kadar gula darah dengan memilih makanan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Salah satunya sayuran non-pati dan buah rendah glikemik seperti timun.

Pada dasarnya timun memang makanan yang aman untuk orang yang punya kadar gula darah tinggi. Namun, untuk menurunkan kadar gula darah ini perlu ditinjau lebih spesifik lagi.

Manfaat Timun untuk Gula Darah


Timun atau mentimun adalah sayuran yang mengandung banyak air dan nutrisi penting seperti vitamin K, vitamin C, kalium, dan serat.

Meski tidak memiliki kandungan khusus yang terbukti secara ilmiah langsung menurunkan kadar gula darah, ada beberapa cara mengonsumsi timun agar dapat memberikan kontribusi positif terhadap manajemen kadar gula darah.

Timun yang mengandung serat ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini karena serat dapat memperlambat penyerapan glukosa dari makanan ke dalam aliran darah, dan mampu mencegah lonjakan gula darah setelah makan.



Timun juga memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti makanan ini tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis setelah dikonsumsi.

Kandungan air yang tinggi dalam timun juga dapat membantu menjaga hidrasi dan mencegah dehidrasi. Ini dapat memengaruhi kadar gula darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)