Apakah Timun Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah? Cek Dulu Kandungan Nutrisinya

Rabu, 23 Agustus 2023 - 19:52 WIB
loading...
A A A
Selain itu, timun juga termasuk makanan rendah kalori dan rendah karbohidrat, sehingga bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjaga berat badan dan mengontrol asupan kalori.

Dalam jurnal "Pengaruh Pemberian Jus Mentimun dan Tomat Terhadap Kadar Glukosa Darah", dilakukan sebuah penelitian untuk melihat efek pemberian jus timun untuk sekelompok orang yang punya kadar glukosa tinggi.

Dari penelitian tersebut ditarik kesimpulan bahwa terdapat penurunan glukosa darah postprandial yang bermakna sebesar 3,32 mg/dl setiap pemberian jus mentimun dan tomat sebanyak 200 ml selama tujuh hari.

Meskipun timun dapat memberikan beberapa manfaat dalam manajemen kadar gula darah, tetap penting untuk menggabungkannya dengan diet seimbang dan gaya hidup yang sehat.

Jangan mengandalkan hanya satu jenis makanan untuk mengelola kadar gula darah. Konsultasikan dengan profesional medis atau ahli gizi jika Anda memiliki masalah gula darah atau membutuhkan panduan dalam merancang diet yang sesuai.
(okt)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
Apel vs Jeruk: Mana...
Apel vs Jeruk: Mana yang Lebih Aman untuk Gula Darah?
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Rekomendasi
Pengacara Jokowi: Ada...
Pengacara Jokowi: Ada Dugaan Manipulasi Bukti Elektronik dalam Kasus Ijazah Jokowi
Pengacara Roy Suryo:...
Pengacara Roy Suryo: Polisi dan Jaksa Ragu-ragu di Kasus Ijazah Jokowi
SDH Depok Komitmen Bangun...
SDH Depok Komitmen Bangun Pendidikan Karakter hingga Pengembangan Kepemimpinan
Berita Terkini
Dibully Sampai Hidupnya...
Dibully Sampai Hidupnya Hancur, Ini Balas Dendam Anna di Microdrama V+Short She Was Never Gone
Nakei Tampilkan Pendewasaan...
Nakei Tampilkan Pendewasaan Musik Lewat Single Kedua 'Setengah Hadir'
Samuel Cipta Hadirkan...
Samuel Cipta Hadirkan Makna Cinta Lewat Single Terbaru Jagat Rasa
Bukan Skill Game-nya,...
Bukan Skill Game-nya, Ini yang Membuat Konten Refa Ardhi Disukai Banyak Orang
Program Loyalitas Jadi...
Program Loyalitas Jadi Strategi Pusat Belanja Menjaga Kedekatan dengan Pengunjung
Kesuksesan Refa Ardhi...
Kesuksesan Refa Ardhi di Dunia Digital Ternyata Dibangun dari Hal Sederhana Ini
Infografis
5 Bumbu Dapur yang Berkhasiat...
5 Bumbu Dapur yang Berkhasiat Menurunkan Gula Darah
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved