Benarkah Sering Begadang Bikin Perut Buncit? Cek Faktanya

Kamis, 24 Agustus 2023 - 16:00 WIB
loading...
Benarkah Sering Begadang Bikin Perut Buncit? Cek Faktanya
Benarkah sering begadang bikin perut buncit? Sebelum menjawabnya, ada baiknya Gen Z untuk tidak terbiasa begadang. Kebiasaan ini berdampak buruk pada kesehatan. Foto/ b-cdn.net.
A A A
JAKARTA - Benarkah sering begadang bikin perut buncit? Sebelum menjawabnya, ada baiknya Gen Z untuk tidak terbiasa begadang. Kebiasaan ini berdampak buruk pada kesehatan.

Begadang bisa menurunkan imunitas tubuh, juga bisa membuat tampilan fisik tidak ideal, termasuk memicu perut buncit, meski berbadan kurus.



Lewat media sosial, Dokter Nadia Alaydrus mengatakan bahwa begadang memicu nafsu makan dan berkorelasi dengan kelebihan asupan.

"Durasi tidur yang kurang akibat sering begadang akan meningkatkan nafsu makan, kemudian menyebabkan kelebihan asupan," kata dr Nadia dalam tayangan Reels di akun Instagram @nadialaydrus, dikutip MNC Portal, Kamis (24/8/2023).

Karena menyebabkan kelebihan asupan, ini dapat berefek pada obesitas sentral yang secara visual dapat digambarkan sebagai perut buncit, walau badan kurus.

Kata dr Nadia, obesitas sentral adalah obesitas menyerupai bentuk apel yang mana lemak itu disimpan pada pinggang dan juga rongga perut.

"Ini terjadi karena adanya lemak yang berlebihan pada lemak subkutan dan lemak viseral perut," ungkapnya.

Selain sering begadang , obesitas sentral juga dapat terjadi pada mereka yang rutin mengonsumsi gula berlebihan. Gula yang dimaksud di sini, kata dr Nadia, adalah karbohidrat sederhana seperti gula pasir, gula merah, madu, hingga minuman kemasan.

Penyebab berikutnya adalah kurangnya beraktivitas. Gen Z yang termasuk pada kelompok mageran mesti waspada akan hal ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)