Air Purifier vs Tanaman Hias, Mana yang Lebih Efektif Bersihkan Udara di Rumah?

Kamis, 24 Agustus 2023 - 18:30 WIB
loading...
Air Purifier vs Tanaman Hias, Mana yang Lebih Efektif Bersihkan Udara di Rumah?
Air purifier dan tanaman memiliki manfaat yang bagus untuk membantu menyaring udara. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kondisi udara di kota-kota besar belakangan ini sangat buruk. Banyak orang yang mengeluhkan masalah kesehatan, terutama pada area pernapasan.

Maka itu, para ahli medis menyarankan untuk menggunakan masker saat di luar ruangan. Selain itu juga menggunakan air purifier di rumah demi menyaring udara bersih. Alih-alih menggunakan air purifier yang harganya terbilang mahal, beberapa orang memilih memanfaatkan tanaman untuk menyaring udara.

Lantas, manakah dari kedua media tersebut yang lebih efektif menyaring udara?

Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan dr Feni Fitriani Taufik, Sp.P (K), M.Pd.Ked menjelaskan, antara air purifier dan tanaman memiliki manfaat yang bagus untuk membantu menyaring udara.

Namun, dr Feni mengatakan, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan air purifier. Salah satunya mengenai sejauh mana jangkauan alat tersebut dapat menyaring udara dalam satu ruangan.

"Air purifier bisa dilihat dari luas ruangan yang bisa kejangkau untuk memfilter, berapa meternya disesuaikan dengan besar ruangannya. Filternya harus diperhatikan. Air purifier kalau nggak dijaga baik fungsinya tidak optimal," ujarnya dalam webinar baru-baru ini.

Sementara itu, penggunaan tanaman untuk menyaring udara tentu saja secara biaya lebih ekonomis. Hanya, penempatan jenis tanamannya harus diperhatikan.

Sementara itu, dilansir dari Country Living, Kamis (24/8/2023), beberapa ilmuwan berpendapat bahwa memilih tanaman pemurni udara yang tepat untuk rumah dapat membantu mendetoksifikasi udara.

Selain itu, menurut studi Udara Bersih NASA, ditemukan bahwa ada sejumlah tanaman pemurni udara yang dapat mendetoksifikasi rumah dari racun, debu, dan kuman di udara yang dapat ditemukan di berbagai produk, bahan, serta furnitur rumah tangga.

Ada banyak tanaman yang dapat membantu memurnikan atau menyaring udara di dalam ruangan, seperti Peace Lily, Aloe Vera, Dracaena, Spider Plant, Boston Fern, dan Krisan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2785 seconds (0.1#10.140)