Benarkah Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Gula Darah Naik?

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 12:04 WIB
loading...
A A A
Ini berarti tubuh perlu menghasilkan lebih banyak insulin untuk mengontrol gula darah sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga 5 Minuman Pantangan Gula Darah Tinggi, Tingkatkan Risiko Diabetes

2. Hormon Kortisol


Kurang tidur dapat memengaruhi regulasi hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol dapat memengaruhi respons insulin dan metabolisme karbohidrat yang dapat berdampak pada kadar gula darah.

3. Nafsu Makan dan Pola Makan


Kurang tidur dapat memengaruhi regulasi hormon yang mengatur nafsu makan, seperti ghrelin dan leptin. Ini dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan terutama untuk makanan berkalori tinggi dan kurangnya kemampuan untuk mengontrol pola makan.

Konsumsi makanan yang tidak sehat juga dapat memengaruhi keseimbangan gula darah. Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara kurang tidur dan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Misalnya, studi observasional yang dilakukan pada populasi dewasa telah menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6-7 jam per malam memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

Namun, penting untuk diingat bahwa bukti ini tidak selalu menunjukkan hubungan sebab-akibat langsung. Banyak faktor lain, seperti pola makan, tingkat aktivitas fisik, dan faktor genetik, juga dapat memengaruhi risiko diabetes.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Tips Cepat Tidur Nyenyak,...
Tips Cepat Tidur Nyenyak, Cukup Konsumsi Biji Pala Sebelum Tidur
Apel vs Jeruk: Mana...
Apel vs Jeruk: Mana yang Lebih Aman untuk Gula Darah?
5 Tips Mencegah Gula...
5 Tips Mencegah Gula Darah Melonjak usai Lebaran
Tidur Balas Dendam saat...
Tidur 'Balas Dendam' saat Puasa Ternyata Berbahaya, Jangan Lebih dari 9 Jam
Begini Cara Mencegah...
Begini Cara Mencegah Gula Darah Turun Drastis saat Puasa
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Waspada! 4 Makanan Ini...
Waspada! 4 Makanan Ini Bisa Picu Kesemutan di Tangan dan Kaki
Rekomendasi
Prabowo Resmi Lantik...
Prabowo Resmi Lantik Said Iqbal sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan Buruh
Bahlil Beberkan soal...
Bahlil Beberkan soal Rencana Pembentukan Bursa Mineral Indonesia
Gempa Guncang Filipina,...
Gempa Guncang Filipina, 15 Orang Tewas
Berita Terkini
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise dan Baby Soleil Jadi Sorotan, Perhiasan yang Dipakai Tembus Rp1,2 Miliar
Bantah Nikmati Uang...
Bantah Nikmati Uang Jemaah Hanania, Keanu AGL Serahkan Rekening Koran ke Polisi
Keanu Agl Diperiksa...
Keanu Agl Diperiksa Terkait Kasus Hanania Group, Bantah Terima Uang Miliaran Rupiah
Richard Lee Akui Seluruh...
Richard Lee Akui Seluruh Perbuatannya, Kejari Tangerang: Kasus Sudah Terang Benderang
Dipersulit Sarwendah...
Dipersulit Sarwendah Ketemu Anak, Ruben Onsu Banjir Dukungan dari Teman Artis
Sinopsis Sinetron Terikat...
Sinopsis Sinetron 'Terikat Janji' Eps 65 : Dipa Kembali Pengaruhi Novan yang Mulai Ragu
Infografis
Apakah Minum Air Kelapa...
Apakah Minum Air Kelapa Bisa Menurunkan Gula Darah?
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved