Apakah Asam Urat Bisa Makan Ikan Asin? Ketahui Kandungan Purinnya

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 13:56 WIB
loading...
Apakah Asam Urat Bisa Makan Ikan Asin? Ketahui Kandungan Purinnya
Penting untuk diketahui apakah asam urat bisa makan ikan asin. Sebab, penderita asam urat harus menghindari makanan tinggi purin yang bisa menyebabkan serangan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penting untuk diketahui apakah asam urat bisa makan ikan asin . Sebab, penderita asam urat harus memperhatikan diet harian dengan menghindari makanan tinggi purin yang bisa menyebabkan serangan.

Ikan asin sendiri merupakan salah satu makanan dengan kandungan purin yang tinggi yang bisa menyebabkan asam urat . Menurut penelitian, ikan ini mengandung 1.109 mg purin per 100 gram porsinya.

Dilansir dari Very Well Health, Jumat (25/8/2023) penderita asam urat sebaiknya hindari ikan yang termasuk dalam kategori purin tinggi, atau ikan dengan kandungan purin 200 mg atau lebih per 100 gram ikan.

Kandungan purin tersebut merupakan perkiraan dan dapat bervariasi antar spesies dan metode memasak. Selain ikan teri, beberapa jenis ikan populer juga memiliki kandungan purin yang tinggi.



Apakah Asam Urat Bisa Makan Ikan Asin? Ketahui Kandungan Purinnya

Foto/Infografis SINDOnews

Di antaranya adalah kepiting, lobster, trout, tuna, herring, ocean perch, makerel, sarden, scallop, dan trout. Sementara itu, menghindari jenis ikan tertentu mungkin merupakan pilihan ideal, namun tidak selalu praktis.

Dalam hal ini, ada baiknya mengetahui bahwa metode memasak memengaruhi kandungan purin ikan sehingga Anda tetap dapat menikmatinya. Merebus, atau mengukus dalam air dapat mengurangi keseluruhan kandungan purin pada ikan.

Namun, manfaat kesehatan secara keseluruhan dari makan ikan lebih besar daripada risikonya bagi penderita asam urat. Konsumsi ikan dalam porsi sedang bisa menjadi bagian dari diet asam urat.

Selain itu, ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Karena asam urat adalah suatu kondisi peradangan, mengonsumsi ikan dapat membantu mengurangi peradangan dan meringankan gejala asam urat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)