Idap Batu Ginjal, Liam Hemsworth Jaga Asupan Makanan

Selasa, 14 April 2020 - 15:46 WIB
loading...
Idap Batu Ginjal, Liam Hemsworth Jaga Asupan Makanan
Saat ini, Liam Hemsworth harus benar-benar memikirkan apa yang dikonsuminya, setelah menjalani operasi batu ginjal pada 2019 lalu. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Liam Hemsworth harus benar-benar memikirkan apa yang dikonsuminya, setelah menjalani operasi batu ginjal. Dalam sebuah wawancara dengan Men's Health, Hemsworth menceritakan apa yang membawanya berkunjung ke rumah sakit pada 2019.

Dilansir Fox News, awalnya Hemsworth membahas perihal pelatihan untuk acara televisi barunya yang bertajuk The Most Dangerous Game, di mana ia berperan sebagai pelari.

"Aku menghabiskan sebagian besar proyek untuk berlari dan dipukuli. Itu brutal. Aku banyak mencondongkan tubuh. Berlari sangat menggelegar. Lutut, pergelangan kakimu, punggung bagian bawah. Campuran gerak senam, kereta luncur tarikan, kereta luncur dorong, dan banyak beban," kenangnya.

Ketika ditanya apakah dietnya berubah, Hemsworth mengatakan bahwa pengalaman yang menakutkan mendorongnya untuk fokus mengubah dietnya. Saat ini, ia sudah menjadi vegan selama hampir empat tahun. Namun pada Februari tahun lalu, tubuhnya terasa lesu dan berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, Hemsworth menderita batu ginjal.

"Itu adalah salah satu minggu paling menyakitkan dalam hidupku. Saya seharusnya melakukan pers untuk Isn't It Romantic, tetapi saya harus pergi ke rumah sakit dan menjalani operasi," kata Hemsworth.

Beruntungnya, saat ini Hemsworth telah pulih sepenuhnya. Namun, risiko terkena batu ginjal kedua adalah 50% jika tidak menjaga pola makan dengan baik. Hemsworth memaparkan, batu ginjal yang diidapnya merupakan batu ginjal kalsium oksalat yang terbentuk dari terlalu banyak oksalat dalam makanan.

"Oksalat terdapat pada sayuran, khususnya bayam, almond, bit, kentang. Setiap pagi, saya makan lima genggam bayam dan kemudian susu almond, mentega almond, dan juga beberapa protein vegan dalam smoothie. Dan itu adalah apa yang saya anggap super sehat," papar bintang Hunger Games tersebut.

"Jadi saya harus benar-benar memikirkan kembali apa yang saya masukkan ke dalam tubuh saya," lanjutnya.

Karena itu, agar tetap sehat Hemsworth membuat keputusan untuk beralih vaganisme karena alasan kesehatan. "Itu benar sebelum saya mulai syuting Independence Day: Resurgence. Dua tahun pertama, saya merasa hebat. Tubuh saya kuat, cardio saya tinggi. Apa yang saya katakan kepada semua orang adalah Anda harus mengalaminya sendiri. Anda harus mencari tahu apa yang terbaik untuk tubuh Anda," jelasnya.

Aktor ini juga memberikan satu nasihat terakhir kepada penggemarnya tentang diet. "Jika sesuatu bekerja dengan baik untuk suatu periode, bagus, terus lakukan itu. Jika sesuatu berubah dan Anda merasa tidak enak, Anda harus menilai kembali itu dan kemudian mencari tahu," imbuhnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)