5 Jus Buah untuk Detox Racun dalam Tubuh, Mudah Dibuat

Jum'at, 01 September 2023 - 14:40 WIB
loading...
5 Jus Buah untuk Detox Racun dalam Tubuh, Mudah Dibuat
Jus buah untuk detox memberikan manfaat yang besar bagi tubuh. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Jus buah untuk detox memberikan manfaat yang besar bagi tubuh. Detox atau detoksifikasi merupakan proses pembersihan racun dalam tubuh yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan.

Secara umum, seseorang yang akan melakukan detoksifikasi harus menerapkan pola hidup sehat secara rutin dan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Salah satu minuman yang dipercaya dapat membantu proses detoksifikasi adalah jus detox.

Menurut The Recovery Village Palmer Lake, jus untuk detox biasanya terbuat dari sejumlah sayur dan buah yang kaya antioksidan, vitamin A, D, E, dan C. Minuman ini juga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan, dan menurunkan resiko penyakit kronis.

Ada juga jus buah tanpa sayur yang mampu membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Berikut beberapa contoh jus buah untuk detox yang mudah dibuat.

Jus Buah untuk Detox


1. Jus Strawberry dan Apel


Campuran antara strawberry dan apel ditambah perasan lemon bisa menjadi jus yang baik untuk detoksifikasi. Kedua buah tersebut kaya akan vitamin C dan antioksidan.


2. Jus Pepaya, Nanas, dan Kiwi


Jus buah-buahan tropis seperti nanas, kiwi, dan pepaya mudah ditemui di Indonesia. Selain kaya akan vitamin, jus ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan imunitas. Selain tiga buah tersebut, dapat juga dicampurkan jahe untuk memaksimalkan manfaatnya.



3. Jus Semangka dan Strawberry


Selain baik untuk detox, jus dari gabungan semangka dan strawberry ini juga dapat membuat kulit terasa lembap karena punya sifat hydrating. Penambahan mentimun juga bisa dilakukan untuk memaksimalkan manfaatnya.


4. Jus Apel dan Lemon


Apel yang kaya akan serat ditambah dengan sifat detoksifikasi yang kuat dari lemon membuat jus satu ini punya manfaat besar. Dapat juga ditambahkan kayu manis dan cuka apel dalam pembuatannya.


5. Jus Nanas dan Lemon


Bagi yang hendak diet detox, jus ini akan sangat direkomendasikan karena memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Jahe dan mentimun juga dapat ditambahkan dalam pembuatannya.

Itulah sejumlah jus untuk detox yang mudah dibuat dan didapatkan bahan-bahannya. Perlu dicatat bahwa sebaiknya dalam proses pembuatan jus ini hindari untuk menggunakan gula. Untuk pemanis, bisa diganti menggunakan madu.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2436 seconds (0.1#10.140)