Manfaat Kesehatan Daun Mimba, Salah Satunya Obat Malaria

Minggu, 14 Maret 2021 - 13:46 WIB
loading...
Manfaat Kesehatan Daun Mimba, Salah Satunya Obat Malaria
Daun mimba memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Foto/Food NDTV
A A A
JAKARTA - Daun mimba adalah salah satu jenis daun paling sehat yang kerap digunakan untuk berbagai keperluan pengobatan.

Mungkin kebanyakan dari kita hanya mengetahui manfaat daun mimba untuk kecantikan. Padahal, daun ini sangat sehat dan merupakan salah satu obat alami untuk beberapa penyakit.



Musim panas sudah dekat. Salah satu penyakit paling menular yang dapat menyerang Anda adalah cacar air. Daun mimba merupakan salah satu obat alami untuk menjaga kebersihan rumah dan mencegah cacar air.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan daun mimba, seperti dikutip dari laman Boldsky.

1. Mengatasi Cacar Air
Setelah cacaran, pasien biasanya diminta untuk mandi air rebusan daun mimba karena diyakini dapat membantu menenangkan kulit sekaligus mencegah infeksi menyebar lebih jauh di kulit.

2. Obati Sakit Tenggorokan
Salah satu khasiat lain daun mimba adalah mengatasi sakit tenggorokan. Anda bisa berkumur air rebusan daun mimba untuk meredakan sakit.

3. Perawatan Mata
Infeksi mata seperti konjungtivitis dapat diobati dengan mencuci mata dengan rebusan air mimba. Rebus daun mimba selama sekitar 10 menit dan biarkan dingin sepenuhnya. Anda juga bisa menggunakannya untuk mencuci mata yang iritasi.

4. Obati Gigitan Serangga
Sifat antipembekuan dan antiinflamasi pada daun mimba dapat mengobati gigitan serangga secara alami. Selain itu, daun mimba juga bisa dioleskan untuk mengurangi peradangan dan bisul.

5. Atasi Malaria
Daun Mimba dikenal memiliki senyawa penting bernama gedunin yang dapat membantu mengobati demam malaria. Selain itu, mengonsumsi air rebusan daun mimba juga merupakan pengobatan alami untuk penyakit malaria.



6. Perawatan Kulit
Anda dapat mengoleskan daun mimba atau menggunakannya sebagai bahan untuk merawat wajah dan mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat. Daun ini juga berfungsi sebagai toner kulit alami.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)