5 Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Jum'at, 01 September 2023 - 16:49 WIB
loading...
5 Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya
Berbagai manfaat daun mimba menjadikannya obat rumahan yang wajib dimiliki. Daun ini diresepkan meringankan kesulitan pencernaan, dan mengurangi risiko kanker. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Berbagai manfaat daun mimba menjadikannya obat rumahan yang wajib dimiliki. Daun ini dan ekstraknya sering diresepkan untuk meringankan kesulitan pencernaan, mengatasi kondisi hati, dan mengurangi risiko kanker.

Daun mimba mengandung senyawa aktif seperti nimbin dan azadirachtin yang dapat memberikan rambut bebas ketombe, kulit bersih, gigi sehat, dan perut bebas maag. Selain itu, mengandung beberapa flavonoid, nimbanene, dan vitamin C, yang meminimalkan radikal bebas berbahaya dan zat beracun.

Berbagai sekolah kedokteran di seluruh dunia mengakui pengobatan dari daun mimba. Daun, bunga, biji, buah, akar, dan kulit batangnya telah digunakan untuk mengobati peradangan, infeksi, demam, penyakit kulit, dan gangguan gigi serta mengurangi risiko kanker.

Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya



Berikut manfaat daun mimba untuk kesehatan dilansir dari Style Craze, Jumat (1/9/2023).



1. Mengelola Diabetes


Beberapa penelitian pada hewan mengonfirmasi efek anti-diabetes dari daun mimba. Pada subjek yang menderita diabetes, 250 mg ekstrak daun mimba per kilogram berat badan ditemukan dapat menurunkan kadar glukosa.

Bahan kimia daun menekan aktivitas enzim yang terlibat dalam metabolisme glukosa. Mereka mengontrol jumlah glukosa yang dilepaskan ke aliran darah, sehingga mencegah lonjakan gula darah.

2. Menyembuhkan Jerawat dan Masalah Kulit


Ekstrak daun mimba dioleskan secara eksternal pada jerawat dalam pengobatan tradisional. Daun ini sering digunakan dalam produk anti jerawat. Bersamaan dengan ekstrak mimba, kemangi, licorice, dan teh hijau diidentifikasi berpotensi menghambat bakteri penyebab jerawat.

Rebusan daun mimba digunakan untuk mengobati luka septik, kurap, eksim, serta luka bakar dan luka yang terinfeksi belatung. Senyawa aktif mimba dapat mengobati beberapa infeksi jamur dan bakteri pada kulit, termasuk penyakit kutu air dan abses.



3. Melindungi Hati


Kandungan bioaktif pada daun mimba, termasuk azadirachtin, memiliki sifat pelindung hati (hepatoprotektif) yang kuat. Subyek hewan menunjukkan penurunan kadar enzim inflamasi hati ketika diobati dengan ekstrak ini.

Daun mimba dapat mencegah perubahan kadar bilirubin dan protein yang dapat menyebabkan kerusakan hati. Oleh karena itu, ekstraknya dapat digunakan untuk mengobati luka hati akibat overdosis obat, terutama yang disebabkan oleh overdosis obat anti tuberkulosis dan turunan parasetamol generik.

4. Membantu Pengobatan Kanker


Ekstrak biji, daun, bunga, dan buah mimba telah menunjukkan efek antitumor terhadap berbagai jenis kanker. Fitokimia daun ini menghambat proliferasi sel dan menyebabkan kematian sel pada sel kanker. Daun mimba juga meningkatkan respons kekebalan terhadap migrasi tumor.

Flavonoid, terpenoid, tanin, kumarin, protein, dan polisakarida dalam daun dan biji mimba telah dikaitkan dengan efek antikanker tersebut. Daun ini memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan sitotoksik sehingga membantu pengobatan kanker serviks, ovarium, payudara, lambung, mulut, darah, prostat, dan hati.



5. Mengobati Malaria


Daun mimba terbukti memiliki efek antimalaria dan antiplasmodik. Penelitian menunjukkan bagaimana ekstrak daun mimba dapat mengurangi jumlah parasit malaria hingga 50 persen. Azadirachtin dan limonoid yang tersedia dalam ekstrak ini menghilangkan plasmodium berghei danplasmodium falciparum pada individu yang terkena dampak.

Namun, beberapa percobaan menyatakan tampaknya tidak efektif melawan parasit ini. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat dan keamanan daun mimba sebagai pengganti obat antimalaria.

Efek Samping Daun Mimba



Disarankan untuk tidak mengonsumsi daun atau ekstrak daun mimba dalam waktu lama. Bukti melaporkan gagal ginjal pada orang-orang yang mengonsumsi daun ini. Mengonsumsi minyak daun mimba juga dianggap tidak aman atau beracun bagi orang dewasa dan anak-anak.

Namun demikian, berbagai penelitian pada hewan dan uji klinis menegaskan bahwa Mimba aman, meskipun hanya pada dosis tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi daun mimba atau turunannya hanya di bawah pengawasan dokter.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2279 seconds (0.1#10.140)