Awas! Gunakan Baju Baru Tanpa Dicuci Picu Alergi Hingga Kanker

Selasa, 04 April 2017 - 10:19 WIB
Awas! Gunakan Baju Baru Tanpa Dicuci Picu Alergi Hingga Kanker
Awas! Gunakan Baju Baru Tanpa Dicuci Picu Alergi Hingga Kanker
A A A
JAKARTA - Waspada jika Anda baru membeli baju baru dan langsung menggunakannya tanpa mencuci terlebih dahulu. Pasalnya, kebiasaan ini bisa menyebabkan alergi dari bahan kimia yang terdapat pada baju.

Dilansir dari Daily Mail, beberapa perusahaan baju menggunakan, bahwa bahan kimia khusus yang bekerja untuk mencegah pakaian mengkerut memicu alergi. Profesor dermatologi, Donald Belsito dari Columbia University Medical Centre di New York, menyarankan untuk segera mencuci baju baru setelah membelinya.

Pasalnya, bahan kimia yang dikenal dengan nama formaldehida ini juga bertugas untuk mengurangi berkembangnya jamur pada bahan. Karena itu, jika baju langsung dikenakan tanpa dicuci akan melukai Anda. Bahkan, sejumlah ilmuwan mengatakan bahan kimia tersebut bisa memicu risiko kanker.

Agar tetap sehat, Balsito menyarankan untuk melakukan pencegahan. Caranya, cuci pakaian baru Anda sebanyak dua kali. "Bilas hingga warna dari pakaian keluar dan gosok di bagian yang sering berkeringat seperti kerah dan ketiak," papar Balsito.

Sementara, Wall Street Journal menekankan untuk berhati-hati saat mencoba pakaian di toko baju. Sebab, besar kemungkinan terdapat kutu dan menularkan penyakit dari baju baru.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5660 seconds (0.1#10.140)