7 Penyebab Berat Badan Tidak Bisa Turun Meski Sudah Diet dan Olahraga

Kamis, 07 September 2023 - 20:30 WIB
loading...
7 Penyebab Berat Badan Tidak Bisa Turun Meski Sudah Diet dan Olahraga
Ada beberapa hal yang menyebabkan berat badan tidak bisa turun meski sudah diet dan olahraga rutin. Ini menjadikan menurunkan berat badan paling menantang. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa hal yang menyebabkan berat badan tidak bisa turun meski sudah diet dan olahraga rutin. Hal ini menjadikan menurunkan berat badan adalah tugas yang paling menantang.

Sehingga tidak sedikit yang merasa frustrasi ketika berat badan tidak bisa turun meski sudah menjalani diet dan olahraga. Pada dasarnya, ada beberapa faktor eksternal yang dapat memperlambat kemajuan Anda.

Berikut penyebab berat badan tidak bisa turun meski sudah diet dan olahraga dilansir dari Times of India, Kamis (7/9/2023).

Penyebab Berat Badan Tidak Bisa Turun Meski Sudah Diet dan Olahraga





1. Pola Makan Tidak Sehat


Salah satu penyebab paling signifikan kenaikan berat badan adalah pola makan yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan berkalori tinggi namun rendah nutrisi seperti camilan tinggi natrium, makanan cepat saji, dan makanan olahan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Dikemas dengan kalori kosong, makanan ini tidak memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Untuk mengatasi kendala ini, fokuslah pada pola makan seimbang yang kaya akan makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian. Pengendalian porsi dan penghitungan kalori juga penting karena makanan sehat pun dapat berkontribusi terhadap penambahan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

2. Kurang Aktivitas Fisik


Penurunan berat badan bukan hanya tentang apa yang Anda makan, ini juga tentang seberapa banyak Anda menggerakkan tubuh. Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat mempersulit penurunan berat badan yang sudah lama Anda targetkan.

Aktivitas fisik yang teratur tidak hanya membakar kalori tetapi juga meningkatkan metabolisme dan kesehatan secara keseluruhan. Secara bertahap, saat Anda melihat perubahan pada tubuh, Anda pasti ingin meningkatkan intensitas dan durasi latihan sehingga berkontribusi terhadap kesehatan yang lebih baik.

3. Makan Emosional


Makan berlebihan adalah alasan umum mengapa orang kesulitan menurunkan berat badan. Sebagai manusia, cenderung beralih ke makanan sebagai cara untuk mengatasi stres, kecemasan, kebosanan, atau kesedihan. Hal ini dapat menyebabkan makan berlebihan dan pilihan makanan yang buruk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)