Ingin Miliki Berat Badan Ideal? Ini 5 Langkah Jitu Wujudkannya

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 12:56 WIB
loading...
Ingin Miliki Berat Badan Ideal? Ini 5 Langkah Jitu Wujudkannya
Foto: Dok Freepik/katemangostar
A A A
JAKARTA - Memiliki badan ideal tentu menjadi dambaan semua orang. Selain membuat penampilan menjadi lebih menarik, menjaga berat badan ideal merupakan syarat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Agar kamu lebih mudah mengetahui berat badan ideal kamu bisa dilakukan dengan menggunakan Kalkulator BMI . Body Mass Index (BMI) adalah alat yang digunakan untuk menghitung berat badan ideal. Cara menghitungnya berat badan (kg) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (m). Untuk berat badan ideal, besaran indeksnya adalah 18,5 hingga kurang dari 23.

Supaya dapat mewujudkan berat badan ideal tentu ada berapa langkah yang harus dilakukan. Berikut langkah jitu untuk kamu wujudkan berat badan ideal :

1. Bergerak Aktif atau Berolahraga
Bergerak aktif atau rutin berolahraga memiliki peran penting dalam menjaga massa otot yang berperan dalam proses pembakaran kalori pada sistem metabolisme. Rekomendasinya selama 75 sampai 150 menit per minggu.

Selain memberikan banyak manfaat kesehatan, olahraga juga mampu memicu produksi hormon endorfin yang berperan memberi rasa bahagia dan mengurangi stres. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menjaga berat badan ideal mulai dari yoga, berlari, berenang, hingga latihan angkat beban.

2. Perbanyak Mengkonsumsi Buah dan Sayur
Agar tetap bisa menikmati makanan manis dan segar tanpa menambah berat badanmu, kamu bisa mengkonsumsi buah dan sayur seperti pepaya, nanas, anggur, salad sayur sebagai alternatif camilan. Selain bisa menikmati buah dan sayur, juga bisa mendapat kaya nutrisi seperti vitamin dan fungsi antioksidan.

Sebagai tambahan kamu juga bisa mengkonsumsi Flimty Fiber yaitu minuman suplemen yang kaya nutrisi dengan kandungan serat yang tinggi dan manfaat yang melimpah. Diformulasikan dari bahan alami, minuman ini mengandung sifat-sifat istimewa yang berasal dari bahan-bahan alami.

Manfaat mengkonsumsi Flimty Fiber yakni membantu membersihkan saluran pencernaan, dengan cara menyerap, mengikat dan membuang toxin yang mengerak di usus kita.

3. Istirahat yang Cukup
Bagi kamu yang kerap begadang sebaiknya mulai sekarang dikurangi, karena begadang bisa mempengaruhi kenaikan berat badan karena meningkatkan hormon yang bisa meningkatkan nafsu makan dan mengganggu metabolisme tubuh.

Untuk menghindari resiko ini, sebaiknya kamu teratur untuk tidur pada waktu yang sama setiap harinya. Oleh karena itu, sesuai anjuran tidur atau istirahat selama 8 – 10 jam setiap hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0878 seconds (0.1#10.140)