8 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Obati Jerawat hingga Cegah Tumor

Sabtu, 09 September 2023 - 10:05 WIB
loading...
8 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Obati Jerawat hingga Cegah Tumor
Temulawak menyimpan banyak manfaat kesehatan yang jarang diketahui. Temulawak mengandung bahan kimia yang dapat meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Foto/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Temulawak menyimpan banyak manfaat kesehatan yang jarang diketahui. Temulawak mengandung bahan kimia yang dapat meningkatkan produksi empedu dalam tubuh.

Banyak yang memanfaatkan temulawak untuk mengatasi gangguan pencernaan, sindrom iritasi usus besar, masalah kandung empedu, dan banyak kondisi lainnya. Namun, masih kurang bukti ilmiah yang mendukung.

Berikut manfaat temulawak untuk kesehatan dilansir dari Health Benefits, Sabtu (9/9/2023).

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan





1. Mengatasi Gangguan Pencernaan


Berbagai gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, pencernaan yang terganggu, dan gangguan pencernaan dapat diatasi dengan temulawak. Penelitian menyatakan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan berupa penyakit kolitis ulserativa akan membaik dengan mengonsumsi suplemen temulawak secara rutin.

2. Tingkatkan Nafsu Makan


Bagi para orang tua yang memiliki anak yang nafsu makannya rendah, temulawak bisa menjadi obat ampuh untuk menambah nafsu makan anak. Tentunya dalam bentuk yang sudah diolah sehingga sangat aman dan nikmat jika dikonsumsi oleh si kecil.

Temulawak dapat mempercepat proses pengosongan lambung sehingga nafsu makan segera meningkat kembali.

3. Mengobati Kanker


Temulawak dapat mengendalikan, mencegah, atau bahkan membunuh berbagai jenis kanker termasuk usus besar, payudara, dan prostat. Penelitian juga menunjukkan bahwa temulawak bisa mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat.

Ramuan ini bekerja dengan menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang membantu pertumbuhan kanker. Efek pencegahannya diasumsikan didukung oleh aktivitas antioksidannya, yang melindungi sel dari kerusakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2361 seconds (0.1#10.140)