Apakah Ikan Lele Tinggi Merkuri? Ini Jawabannya

Sabtu, 09 September 2023 - 13:31 WIB
loading...
Apakah Ikan Lele Tinggi Merkuri? Ini Jawabannya
Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang mengandung merkuri. Foto/Pinterest/Cookpad
A A A
JAKARTA - Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan dan dikonsumsi di Indonesia. Ikan ini memiliki tubuh yang panjang, licin, dan pipih, serta memiliki kumis yang berfungsi sebagai alat peraba.

Ikan lele juga kaya akan protein, omega-3, kalsium, dan vitamin D, yang baik untuk kesehatan tulang, imun, dan otak. Meski begitu, ada juga yang menyayangkan bahwa jenis ikan air tawar ini mengandung merkuri .

Merkuri merupakan unsur kimia yang berwarna perak mengkilap dan dapat menghantarkan listrik dan panas. Lantas, apakah benar ikan lele mengandung merkuri? Berikut ulasannya.

Kandungan Merkuri pada Ikan Lele


Merkuri atau raksa adalah sebuah unsur kimia dengan lambang Hg dan nomor atom 80. Merkuri termasuk senyawa yang unik karena diklasifikasikan sebagai logam dan memiliki bentuk cair serta padat yang bergantung pada suhu.



Unsur kimia yang satu ini dapat menempel pada jaringan otot ikan melalui insang dan saluran pencernaan. Merkuri yang ada di dalam ikan berbentuk metil merkuri, yang berasal dari endapan dasar laut.

Merkuri dapat menumpuk di dalam tubuh manusia jika dikonsumsi secara berlebihan, dan dapat menyebabkan kerusakan dan gangguan pada organ, seperti ginjal dan otak. Keracunan merkuri dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, mual, muntah, kelemahan, tremor, gangguan penglihatan, dan kesulitan berbicara.

Ikan lele tercatat mengandung tingkat merkuri yang jauh lebih rendah daripada ikan laut lainnya, seperti herring dan mackerel. Mengutip Healthline, ikan lele memiliki kandungan merkuri 0,025 ppm, sedangkan ikan laut rata-rata memiliki kandungan merkuri 0,1 ppm.

Ikan lele yang hidup liar di sungai besar mungkin terkontaminasi merkuri lebih banyak daripada ikan lele yang dikembangbiakkan. Sebaiknya pilih ikan lele yang berasal dari sumber yang terpercaya dan bersih.

Ikan lele memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung protein, omega-3, vitamin B12, selenium, dan fosfor. Ikan ini dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, peradangan, dan risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu, penting untuk memilih sumber ikan lele yang terjamin kualitas dan kebersihannya. Hindari mengkonsumsi ikan lele dari sungai-sungai yang tercemar atau tidak diketahui asal-usulnya.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)