9 Manfaat Susu Ikan bagi Kesehatan, Inovasi Program Makan Siang Gratis

Rabu, 11 September 2024 - 10:20 WIB
loading...
9 Manfaat Susu Ikan...
Susu ikan menjadi salah satu pilihan program penyediaan makan siang gratis. Apa saja manfaatnya? Foto/ times now
A A A
JAKARTA – Susu ikan menjadi topik yang sedang hangat diperbincangkan akhir-akhir ini. Pasalnya, susu ikan menjadi salah satu pilihan dalam program penyediaan makan siang gratis yang diusung Calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Susu ikan menjadi susu alternatif pengganti susu sapi. Susu ikan merupakan produk inovasi anak bangsa yang pertama kali diperkenalkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Kementerian Koperasi dan UKM.



Susu ikan berbahan baku ikan segar yang diproses dengan teknologi modern, sehingga menghasilkan Hidrolisat Protein Ikan sebagai bahan baku utamanya. Jadi, susu ikan di sini sebenarnya adalah ekstrak protein yang diambil dari ikan, bukan produk susu seperti susu yang berasal dari hewan perah seperti, sapi, kambing atau kuda. Ekstrak protein ikan yang dihasilkan akan diolah menjadi bubuk protein, kemudian akan dicampurkan dengan bahan bernutrisi lainnya sehingga mirip dengan susu yang kita kenal pada umumnya.

Manfaat susu ikan bagi kesehatan

1. Mendukung Fungsi Otot dan Organ

Susu ikan tentunya mengandung sumber protein yang berasal dari ekstrak ikan. Kandungan protein dalam susu ikan yang berkualitas tinggi ini dapat mendukung fungsi otot dan organ serta membangun dan memperbaiki kualitas jaringan tubuh.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan Nutrisi omega-3, DHA, EPA dan vitamin B12 dalam susu ikan dapat meningkatkan fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang tinggi. Selain itu, susu ikan dapat mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer atau penurunan daya ingat.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Selain meningkatkan fungsi otak, kandungan asam lemak omega-3 di dalam susu ikan sangat baik untuk kesehatan jantung. Sehingga dengan mengkonsumsi susu ikan dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

4. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Susu ikan mengandung selenium yang merupakan antioksidan untuk membantu melindungi sel-sel pada tubuh dari adanya kerusakan oksidatif. Sehingga kandungan selenium dalam susu ikan dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan fungsi tiroid.

5. Meningkatkan Kesehatan Reproduksi

Beberapa penelitian menyatakan bahwa, ikan yang terkandung dalam susu ikan kaya akan Protein, Omega-3, vitamin B12, dan Selenium. Sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan reproduksi bagi pria dan meningkatkan kualitas sperma.

6. Kesehatan Tulang dan Gigi

Susu ikan yang berbahan ekstrak protein ikan, membuat susu ikan kaya Vitamin D yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam tubuh untuk membentuk kepadatan tulang. Sehingga dengan mengkonsumsi susu ikan dapat mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis dan gigi berlubang.

7. Memperkuat Pertumbuhan Rambut

Tidak hanya untuk Kesehatan tulang, kandungan vitamin D dalam susu ikan dapat membantu memperkuat pertumbuhan rambut dan merawat rambut.

8. Menjaga Kesehatan Mental

Berdasarkan hasil Riset WHO, Beberapa kandungan dalam susu ikan seperti Omega-3 dan Vitamin B12 dapat menjaga Kesehatan mental yang berfungsi sebagai mood booster.


9. Membantu melawan Infeksi dan Penyakit

Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam susu ikan, memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit dan infeksi dalam tubuh.

Itulah manfaat mengkonsumsi susu ikan. Khasiatnya bagi tubuh tidak main-main bukan? Jadi, apakah kalian setuju jika susu ikan dimasukkan ke dalam program makan siang gratis?

MG/Devina
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)