IDI Perkenalkan Roundnet, Jenis Olahraga Baru dengan Segudang Manfaat

Minggu, 10 September 2023 - 09:35 WIB
loading...
IDI Perkenalkan Roundnet, Jenis Olahraga Baru dengan Segudang Manfaat
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama Persatuan Olahraga Roundnet Seluruh Indonesia (PORSI) memperkenalkan roundnet, jenis olahraga baru yang memiliki banyak manfaat tak hanya jasmani, namun juga rohani. Foto/MPI/Chindy Aprilia Pratiwi
A A A
JAKARTA - Dalam rangka Hari Olahraga Nasional 2023, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama Persatuan Olahraga Roundnet Seluruh Indonesia (PORSI) memperkenalkan roundnet, jenis olahraga baru yang memiliki banyak manfaat tak hanya jasmani, namun juga rohani.

Spesialis Kedokteran Olahraga Dr. dr. Listya Tresnanti Mirtha, SpKO, Subsp.APK(K), menjelaskan, roundnet adalah salah satu cabang olahraga yang mulai diperkenalkan di Indonesia. Olahraga permainan ini sudah ada di Amerika sejak 1989, kemudian dipromosikan kembali pada 2008.



“Ini sebetulnya mulai dimainkan tahun 1989 dengan sebuah produk mainan rekreasi keluarga yang disebut spike ball di Amerika, sehingga awalnya roundnet ini dikenal dengan nama spike ball tadi,” kata dr Listya di Jakarta, Minggu (10/9/2023).

Hadir dalam bentuk gabungan beberapa unsur olahraga seperti bola voli, badminton, tenis meja, dan tenis, roundnet mempunyai jumlah pemain dua orang per tim. Dengan hitungan nilai pemenang 21 poin (standar turnamen), roundnet terdiri atas dua babak.

Mempunyai sistem rally point, roundnet juga memiliki sentuhan maksimal tiga kali seperti dalam olahraga bola voli. Tak heran, olahraga satu ini jadi kerap disebut voli pantai mini.

Menurut dr Listya, roundnet memiliki manfaat yang bakal dirasakan oleh tubuh.

“Saya ingin menceritakan bagaimana sebetulnya roundnet ditinjau dari segi medis,” kata dr Listya.

Manfaat Olahraga Roundnet

1. Untuk Kekuatan dan Daya Tahan Otot

Karena mempunyai gerakan melompat, menukik, dan menjangkau secara terus-menerus, roundnet bisa meningkatkan kekuatan serta daya tahan otot.


2. Keuntungan Sosial

Bermain roundnet dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan persahabatan serta meningkatkan kehidupan sosial. Karena bermain bersama tim, kemudian berpartisipasi dalam turnamen.

3. Mampu Menghilangkan Stres

Mempunyai sifat menyenangkan dan kompetitif dalam permainannya, membuat roundnet dapat menjadi alternatif penghilang stres yang baik untuk meningkatkan kesehatan mental.

4. Koordinasi dan Ketangkasan

Manfaat lainnya yang dirasakan dari olahraga roundnet adalah koordinasi dan ketangkasan. Hal itu karena olahraga ini memerlukan gerakan yang cepat dalam hal keterampilan menguasai bola.

5. Tingkatkan Daya Tahan Kardiorespirasi

Karena roundnet termasuk latihan fisik berintensitas tinggi yang melibatkan seluruh bagian tubuh, maka olahraga ini dapat meningkatkan denyut jantung dan memperbaiki kesehatan kardiovaskular.

6. Low Impact

Roundnet salah satu olahraga yang memiliki risiko minimal dalam hal cedera. Kondisi ini akan membuat roundnet menjadi pilihan individu yang ingin aktif bergerak, namun punya kendala dan tidak mungkin melakukan aktivitas yang bersifat high impact.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)