Ini Bahaya Handuk Kotor yang Lama Tak Dicuci, Jangan Anggap Remeh!

Minggu, 10 September 2023 - 10:49 WIB
loading...
Ini Bahaya Handuk Kotor yang Lama Tak Dicuci, Jangan Anggap Remeh!
Handuk selalu digunakan setiap hari setelah mandi, mencuci muka, ataupun aktivitas lain yang berhubungan dengan air. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Handuk selalu digunakan setiap hari setelah mandi, mencuci muka, ataupun aktivitas lain yang berhubungan dengan air. Walaupun begitu, ada kalanya seseorang lupa mencuci handuk dalam jangka waktu yang cukup lama.

Melansir laman Metro.co.uk, Minggu (10/9/2023), sebuah penelitian dari para ahli di Showers To You mengatakan, sepertiga orang Inggris hanya mencuci handuk kamar mandi mereka beberapa bulan sekali. Bahkan, 3 persennya mengaku mencuci handuk kamar mandi sekali dalam setahun.

Kebiasaan malas atau lupa mencuci handuk ternyata bisa menyebabkan masalah lho. Sebab berdasarkan penelitian terbaru, 90% handuk kamar mandi dipenuhi oleh bakteri coliform. Bakteri ini merupakan organisme yang dapat menunjukkan adanya bakteri penyebab penyakit di dalam air.



Selain itu, 14% handuk juga mengandung E.coli di dalam seratnya. Menurut Apoteker Klinis bernama Nyrah Saleem, bakteri E.coli dan Pseudomonas aeruginosa dapat menimbulkan risiko kesehatan apabila jumlahnya banyak.

"Meskipun sebagian besar strain E. coli tidak berbahaya, strain tertentu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, terutama jika mereka mencemari makanan atau air,” kata Nyrah Saleem.

CDC mengungkapkan, penyakit yang disebabkan oleh E.coli meliputi diare, penyakit pernapasan, infeksi saluran kemih, dan pada kasus yang parah menimbulkan infeksi seperti meningitis.

Sebenarnya, sebagian besar strain E.coli tidak berbahaya. Tapi, akan lain ceritanya jika dalam jumlah besar.

"Kalau ada E. coli patogen dalam jumlah besar di rumah Anda, ada peningkatan risiko infeksi jika Anda melakukan kontak dengan permukaan yang terkontaminasi atau mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi," ujar Nyrah.

Pada intinya, jangan pernah malas mencuci handuk, apalagi sampai membiarkannya berbulan-bulan tanpa pernah dicuci. Lantas, bagaimana cara agar handuk bersih kembali?


Tips Membersihkan Handuk

Ann Russell, seorang pembersih profesional di TikToknya memberikan tips membuat handuk jadi bersih kembali. Salah satunya, Ann tidak menggunakan pelembut kain karena bisa mencegah kelembaban masuk, sehingga membuat handuk jadi tidak berguna.

Meski begitu, penggunaan detergen tetap diperlukan. Setelah mencuci handuk, agar tetap lembut, jangan mengeringkannya dengan mesin pengering.

Usai mengeringkan di luar sekitar 30 menit, Ann Russell hanya menggoyang-goyangkan, kemudian membalikkan handuk. Langkah ini bertujuan untuk membuka serat-serat handuk.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)