5 Ikan Rendah Merkuri yang Jarang Diketahui, Kaya Omega 3 dan Protein

Senin, 11 September 2023 - 10:48 WIB
loading...
5 Ikan Rendah Merkuri yang Jarang Diketahui, Kaya Omega 3 dan Protein
Beberapa ikan rendah merkuri mengandung omega 3 dan tinggi protein. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah ikan rendah merkuri yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Beberapa di antaranya menjadi lauk favorit masyarakat Indonesia.

Ikan menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki risiko kandungan merkuri. Tingkatan kandungan merkurinya juga berbeda-beda pada setiap jenis ikan.

Jumlah rendah merkuri pada ikan umumnya tidak menimbulkan masalah kesehatan. Namun, tetap saja takaran konsumsinya perlu diperhatikan, khususnya bagi anak-anak hingga wanita hamil dan menyusui.



Lantas, apa sajakah jenis ikan rendah merkuri ini? Simak ulasannya berikut sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

Ikan Rendah Merkuri


1. Ikan Lele


Lele menjadi salah satu jenis ikan tawar yang banyak disukai masyarakat Tanah Air. Pada kandungannya, ikan lele memiliki banyak manfaat kesehatan dengan keberadaan omega-3, vitamin B12, fosfor, hingga protein.



Selain itu, lele juga menjadi salah satu jenis ikan yang rendah merkuri. Mengutip Healthline, kandungan merkuri pada lele jauh lebih rendah daripada ikan lainnya.

Lele diperkirakan memiliki kandungan merkuri 0,025 ppm. Sedangkan jenis ikan laut rata-rata mempunyai angka sekitar 0,1 ppm.

2. Salmon


Salmon menjadi favorit banyak orang dengan kandungan nutrisinya yang beragam. Di antaranya seperti asam lemak omega-3, selenium, vitamin, dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9056 seconds (0.1#10.140)