Deretan Makanan yang Bikin Umur Panjang, Salmon hingga Sayuran Hijau Gelap

Selasa, 12 September 2023 - 12:53 WIB
loading...
A A A
Deretan Makanan yang Bikin Umur Panjang, Salmon hingga Sayuran Hijau Gelap

2. Kacang

Mengonsumsi kacang beberapa kali dalam seminggu menjadi pilihan yang bijaksana untuk mendukung kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Sebab, kacang-kacangan mengandung senyawa yang terkait dengan pengurangan risiko kanker, risiko diabetes tipe 2, menurunkan kolesterol, dan mengurangi peradangan. Hal ini benar-benar memperlihatkan jika kacang mampu membuat tubuh lebih sehat sehingga bisa berumur lebih panjang.

3. Buah berry

Studi Kesehatan yang diikuti oleh lebih dari 16 ribu peserta di atas usia 70 tahun menemukan, asupan blueberry dan stroberi dapat membuat penurunan kognitif yang lebih lambat.

Studi lain menunjukkan bahwa ekstrak blueberry sebenarnya dapat meningkatkan daya ingat. Selain itu, buah berry juga membantu menjaga kesehatan tubuh.

"Apakah Anda menyukai stroberi, raspberry, blueberry atau blackberry, mereka semua menawarkan banyak vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang melindungi kesehatan. Kandungan antioksidan blueberry, raspberry, dan blackberry juga paling tinggi dari semua buah dan memungkinkan buah berry untuk memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel serta peradangan, " kata Stark.

4. Kenari

Makan kenari terus dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik, risiko kanker yang lebih rendah, mengurangi peradangan, kontrol gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2, dan kesehatan otak yang lebih baik.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi kenari secara teratur dapat membantu hidup lebih lama. Para peneliti menganalisis data dari Nurses Health Study dan Health Professionals Follow-Up Study menemukan bahwa makan setidaknya 5 porsi kenari per minggu dikaitkan dengan wanita yang hidup 1,78 tahun lebih lama dan pria hidup 1,94 tahun lebih lama.


5. Sayur hijau gelap

"Berkali-kali, data menunjukkan bahwa makan hijau tua dikaitkan dengan banyak hasil kesehatan, termasuk mengurangi risiko kematian dini," kata kata Lauren Manaker, M.S., RDN, LD, ahli diet berbasis di Charleston.

Satu meta-analisis dari 13 studi menemukan bahwa konsumsi sayuran berdaun hijau gelap secara teratur dikaitkan dengan risiko 15,8% lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.

Penelitian lain menunjukkan, sayuran berdaun hijau memiliki manfaat seperti meningkatkan ketajaman mental hingga mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD). Satu studi yang mengikuti 2.800 peserta selama 15 tahun menemukan risiko AMD 35% lebih rendah pada mereka yang secara teratur mengonsumsi nitrat dari sayuran seperti sayuran hijau.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)