Kaki Pria 21 Tahun Diamputasi Akibat Diabates, Begini Cara Cegah Gula Darah Tinggi di Usia Muda

Rabu, 13 September 2023 - 11:04 WIB
loading...
Kaki Pria 21 Tahun Diamputasi Akibat Diabates, Begini Cara Cegah Gula Darah Tinggi di Usia Muda
Diabetes bukan hanya dialami orang yang sudah berusia lanjut. Remaja ataupun anak muda juga bisa terkena. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Viral di TikTok baru-baru ini kisah pria 21 tahun di Malaysia yang terpaksa mengamputasi salah satu kaki karena penyakit diabetes yang diidapnya. Pria bernama Mahathir itu mengaku didiagnosis penyakit diabetes sejak April 2023.

Usut punya usut, kondisi yang dialaminya itu ternyata imbas dari kebiasaan buruk suka mengonsumsi minum minuman manis dan berkarbonasi. Bahkan, ia mengaku punya kebiasaan jajan minuman manis dan bersoda setiap pulang sekolah, karena memang minuman tersebut cukup populer di lingkungannya.

Lantas, bagaimana bisa seseorang terkena diabetes di usia muda? Begini penjelasannya, dilansir dari laman resmi Rumah Sakit Hermina, Rabu (13/9/2023).



Pada dasarnya, penyakit diabetes bukan hanya dialami orang yang sudah berusia lanjut. Remaja ataupun anak muda juga bisa terkena diabetes. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa diabetes yang menyerang anak mudah justru lebih berbahaya.

Hal inilah yang menjadi peringatan penting bahwa diabetes yang dialami di usia muda bisa sangat berbahaya serta sulit ditangani.

Faktor mengapa remaja rentan terkena diabetes, kemungkinan disebabkan oleh gaya hidup dan masalah kesehatan. Faktor seperti genetik juga dapat meningkatkan risiko remaja mengidap diabetes.

Namun, banyak gaya hidup tidak sehat yang menjadi masalah utama penyebab anak muda akhirnya memiliki diabetes. Sejumlah faktor yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2 pada remaja di antaranya obesitas, pola hidup tidak sehat seperti merokok dan suka mengonsumi minuman beralkohol, serta gemar mengonsumsi asupan manis dan makanan siap saji.

Faktor keturunan juga bisa mempengaruhi, yakni memiliki anggota keluarga dengan diabetes, memiliki riwayat diabetes gestasional, memiliki kadar kolesterol tinggi, hingga pernah didiagnosis pradiabetes.

Perkembangan diabetes tipe 2 di usia muda cenderung berbahaya, sehingga dapat menjadi komplikasi penyakit yang lebih serius. Contohnya termasuk retinopati, nefropati, neuropati, dan penyakit kardiovaskular.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)