Mengenal Bawang Hitam, Rempah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Minggu, 17 September 2023 - 11:03 WIB
loading...
A A A
Bawang hitam juga mengandung senyawa tertentu yang memiliki aktivitas anti inflamasi dan sifat meningkatkan kekebalan tubuh.

Bawang hitam digunakan dalam berbagai aplikasi kuliner. Anda bisa mengemilnya dan memasukkannya ke dalam berbagai hidangan.

Anda juga bisa membuat saus, marinade, atau dressing dari bawang hitam. Beberapa orang bahkan menyukai sup dan tumisan yang dibuat dengan bawang hitam.

Manfaat Bawang Hitam

1. Sifat Antioksidan

Bawang hitam mengandung tingkat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan bawang segar. Antioksidan bergabung dengan radikal bebas dan mencegah kerusakan otot atau jaringan. Ini membantu melawan penyakit kronis apa pun yang mungkin ditimbulkan oleh tubuh.
Mengenal Bawang Hitam, Rempah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Salah satu manfaat utama makan bawang hitam adalah dukungannya terhadap kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol. Beberapa penelitian menyebutkan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah penyakit jantung. Bawang hitam menjaga kadar kolesterol dengan menghalangi oksidasi kolesterol jahat (LDL).

3. Meningkatkan Imunitas

Senyawa yang ditemukan dalam bawang hitam mungkin memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh, membantu memperkuat mekanisme pertahanan alami tubuh dan melindungi terhadap infeksi.

4. Efek Anti-inflamasi

Bubuk bawang hitam mengandung senyawa tertentu yang mungkin memiliki sifat anti inflamasi. Ini membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Anda mungkin juga bisa meredakan gejala kondisi peradangan setelah mengonsumsi bawang hitam secara teratur.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Proses fermentasi bawang hitam menghasilkan bakteri menguntungkan yang dapat mendukung kesehatan mikrobioma usus. Ini meningkatkan pencernaan dan berpotensi meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Ini adalah salah satu dari sekian banyak manfaat bawang hitam yang difermentasi.

6. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang hitam mungkin memiliki sifat anti kanker. Ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi atau menghilangkan risiko berbagai jenis kanker. Ini adalah salah satu penemuan paling luar biasa mengenai bawang hitam dan penelitian masih berlangsung.


7. Mencegah Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang hitam dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini bisa bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko terkena diabetes. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini.

8. Meningkatkan Kesehatan Otak

Karena sifat anti-inflamasinya, bawang hitam dapat membantu meningkatkan kognisi, memperbaiki kondisi kognisi dan mencegah gangguan neurologis.

Meski bawang hitam menjanjikan, penting untuk diingat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya potensi manfaat bawang hitam dan cara optimal untuk memasukkannya ke dalam diet seimbang. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengubah pola makan Anda secara signifikan untuk memanfaatkan manfaat bawang putih.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)