5 Hal yang Harus Dihindari setelah Makan, dari Tidur hingga Makan Buah-buahan

Kamis, 14 September 2023 - 09:03 WIB
loading...
5 Hal yang Harus Dihindari setelah Makan, dari Tidur hingga Makan Buah-buahan
Anda termasuk orang yang langsung tidur setelah makan atau pergi ke gym usai sarapan? Waspadai kebiasaan ini. Foto/ hindustan times.
A A A
JAKARTA - Apakah Anda termasuk orang yang langsung tidur setelah makan siang atau pergi ke gym setelah sarapan berat? Kebiasaan tertentu bisa menghambat proses pencernaan dan membuat Anda sakit.

Apa yang Anda makan sama pentingnya dengan apa yang Anda lakukan setelahnya. Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami masalah kesehatan usus, Anda perlu memperhatikan rutinitas pascamakan dan menghilangkan kebiasaan yang menghambat proses pencernaan .

Dilansir hindustan times pada Kamis (14/9/2023), banyak orang suka tidur siang dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas mereka di kemudian hari atau mengimbangi kekurangan tidur di malam hari. Lalu, ada orang yang pergi ke gym di pagi hari setelah sarapan berat.



Namun, tidur siang dapat memperburuk masalah pencernaan dan segala jenis aktivitas fisik yang berat dapat memengaruhi penyerapan nutrisi.

Setelah makan, banyak pakar kesehatan menyarankan Anda berjalan beberapa langkah untuk menyeimbangkan gula darah dan memperlancar pencernaan. Sesuai sebuah penelitian, sesi jalan cepat 30 menit postprandial dapat meningkatkan respon glikemik setelah makan.

“Sangat penting untuk memperhatikan apa yang Anda lakukan setelah makan, karena hal itu dapat berdampak signifikan pada pencernaan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Berikut beberapa hal yang harus Anda hindari seperti wabah,” tulis Ahli Nutrisi Bhakti Arora Kapoor dalam postingan Instagram terbarunya.
5 Hal yang Harus Dihindari setelah Makan, dari Tidur hingga Makan Buah-buahan


Kapoor memperingatkan lima kebiasaan berbahaya yang dapat melemahkan pencernaan Anda:

1. Tidur

Tahan keinginan untuk segera tidur setelah makan. Berbaring dapat menyebabkan refluks asam dan gangguan pencernaan. Pilihlah jalan-jalan santai saja.

2. Gym

Pergi ke gym segera setelah makan mengalihkan aliran darah dari pencernaan sehingga kurang efisien. Biarkan setidaknya satu jam sebelum melakukan olahraga berat.

3. Minum teh atau kopi

Minuman ini dapat menghambat penyerapan zat besi dan menyebabkan ketidakseimbangan mineral. Jika Anda membutuhkan minuman setelah makan, pilihlah air hangat atau teh herbal.


4. Merokok

Merokok setelah makan adalah dampak buruk ganda bagi kesehatan Anda. Ini tidak hanya membahayakan paru-paru, juga mengganggu proses pencernaan.

5. Makan buah-buahan

Meskipun buah-buahan bergizi, mengonsumsinya segera setelah makan dapat menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman. Tunggu sebentar sebelum menikmati apel berair itu.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)