Mengenal Daun Kelor dan Cara Mengolahnya

Kamis, 14 September 2023 - 09:33 WIB
loading...
Mengenal Daun Kelor dan Cara Mengolahnya
Mengenal daun kelor dan cara mengolah penting diketahui masyarakat. Pasalnya, sayuran ini kaya manfaat kesehatan. Foto/ maayeka.
A A A
JAKARTA - Mengenal daun kelor dan cara mengolah penting diketahui masyarakat. Pasalnya, sayuran ini kaya manfaat kesehatan.

Ya, jika Anda baru mengenal dunia kelor , kemungkinan besar Anda memiliki banyak pertanyaan. Yang paling utama adalah, untuk apa kelor digunakan? Jadi, mari kita mulai dengan hal yang paling mendasar. Apa itu kelor?

Daun kelor

Kelor merupakan makanan super istimewa yang mengandung protein konsentrasi tinggi dan seluruh asam amino serta unsur mikro dan makro, anti oksidan, flavonoid, dan glukosinolat.



Sebuah penelitian membandingkan lebih dari 120 jenis sayuran dan menemukan kelor sebagai salah satu spesies yang paling bergizi, daun kelor mengandung lebih banyak zat besi dibandingkan bayam, lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk, lebih banyak vitamin A, lebih banyak kalsium dibandingkan susu, lebih banyak potasium dibandingkan pisang dan lebih banyak vitamin E dibandingkan almond.

Untuk apa kelor digunakan dan bagaimana kelor digunakan?

Sekarang, kita kembali ke persoalan apa itu dan bagaimana cara menggunakan kelor? Ada banyak alasan mengapa berbagai budaya menggunakan Kelor, salah satu alasan paling umum adalah untuk memerangi malnutrisi. Nutrisi ditemukan di daun kelor dan inilah yang digunakan untuk membuat berbagai jenis produk.

Apa manfaat mengonsumsi suplemen kelor? Kepadatan nutrisi menjadikannya sumber yang baik untuk vitamin, besi, magnesium, dan seng.
Mengenal Daun Kelor dan Cara Mengolahnya


Faktanya, banyak orang terkejut saat mengetahui bahwa gram per gram kelor memiliki lebih banyak protein daripada yogurt, lebih banyak potasium daripada pisang, lebih banyak kalsium daripada susu dan lebih banyak vitamin C daripada jeruk.

Namun, hal ini tidak memperhitungkan volume yang dibutuhkan untuk memperoleh nutrisi tersebut. Satu gram daun kelor jauh lebih banyak daripada satu gram yogurt atau daging jeruk. Anda mungkin harus makan banyak cangkir daun atau daun kering dan bubuk untuk mendapatkan jumlah yang sama dengan satu gram yogurt atau jeruk.

Namun, jika Anda menggunakan suplemen, suplemen tersebut dapat memberikan bentuk kelor yang kental dan memungkinkan Anda menikmati nutrisi dan manfaat lainnya. Manfaat lainnya termasuk mengurangi kelelahan, memperbaiki kulit, sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, pertumbuhan otot, mengurangi stres, pencernaan yang lebih baik, meningkatkan tingkat dan manajemen energi, gigi dan tulang yang lebih kuat, penglihatan yang lebih baik, dan libido yang lebih tinggi.

Manfaat Daun Kelor

1. Daun kelor dapat mengobati penyakit Kanker dan juga baik untuk kesehatan liver.
2. Kalsium dan fosfor serta sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam daun kelor membantu memperkuat tulang dan membantu pasien radang sendi.
3. Antioksidan yang ada dalam daun kelor ramah terhadap jantung sehingga membantu kita menjaga profil lipid dan kolesterol yang sehat serta mencegah kerusakan jantung.
4. Kelor juga terbukti membantu menurunkan hormon stres yang menyebabkan disfungsi ereksi dan seksual pada pria. Vitamin dalam kelor sangat penting untuk gairah seksual dan, oleh karena itu, beberapa pria menemukan bahwa kelor dapat digunakan bersamaan dengan obat-obatan seperti viagra untuk meningkatkan kesehatan seksual mereka.
5. Bubuk daun kelor baik untuk penderita diabetes karena membantu menurunkan jumlah glukosa dalam darah.
6. Daun kelor mencegah penebalan arteri sehingga mengurangi tekanan darah tinggi.
7. Membantu meningkatkan penglihatan dengan menghentikan pelebaran pembuluh retina.
8. Mengobati Anemia – membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi sehingga jumlah darah merah meningkat.
9. Membantu mengatasi gangguan mood, kecemasan, dan kelelahan.
10. Karena sifat antibakteri dan antijamurnya, ia membantu pencernaan, mengobati sembelit dan masalah lambung.
11. Jus daun kelor berperan sebagai antiseptik pada masalah kulit dan baik untuk penyembuhan luka.
12. Baik untuk ibu menyusui karena membantu meningkatkan produksi ASI.

Cara Mengolah Daun Kelor

Daun kelor segar mudah didapat di pasaran, ada baiknya Anda membuat bubuk daun kelor dan menggunakannya kapan pun diperlukan.

Membuat bubuk dari daun kelor sangatlah mudah. Ambil daun segar yang empuk, petik daunnya dan buang batang serta tangkainya lalu cuci bersih 2-3 kali dengan air secukupnya lalu oleskan di atas serbet dapur untuk menyerap kelembapan berlebih.

Sekarang taruh di saringan/ayakan atau di atas serbet dan jemur di tempat yang tertutup (jangan ditaruh di bawah sinar matahari langsung karena akan mempengaruhi warna hijau cerah daun). Anda juga bisa menjemurnya di bawah kipas angin jika tidak bisa menjemurnya di bawah sinar matahari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2861 seconds (0.1#10.140)